Logo Associe
Table of Contents
Artikel Terbaru

Follow Associe

Coworking Space, Tempat Kerja Ideal untuk Bisnis Start Up

Apa itu Coworking Space

Coworking space atau berasal dari kata coworking sering diartikan sebagai kerja sama atau kolaborasi. Secara lengkap berarti tempat bekerja dengan cara kerja sama atau kolaborasi dengan individu yang memiliki latar belakang pekerjaan dan perusahaan berbeda. Pendirian coworking sangat tepat bagi para founder startup. Pasalnya, coworking memang diharapkan menjadi wadah bertukar inspirasi, pengalaman, ide, pikiran dan solusi untuk mengembangkan bisnis.

Lalu, bagaimana coworking space mampu menjadi tempat kerja ideal untuk bisnis start up? Simak ulasannya sebagai berikut.

Coworking Space Wadah Inspirasi

Konsep coworking dibuat berbeda jauh dengan konsep perkantoran yang biasa dilihat. Biasanya perkantoran memiliki ruang kerja monoton dengan sekat-sekat bilik serta pekerja dalam satu perusahaan yang sama. Sementara coworking lebih mengusung konsep tempat nongkrong seperti kafe atau rumah. Sehingga jauh dari kesan formal, hard working, dan membosankan. Maka, seperti pada umumnya tempat nongkrong, suasana coworking lebih santai dan terdiri dari pekerja yang berbeda perusahaan.

Kondisi yang dibangun dalam coworking ini akan menjadi wadah inspirasi antar individu yang berada di dalamnya. Misalnya, terjadi pertukaran inspirasi berupa ide dan pikiran dari berbagai latar belakang pengalaman dan perusahaan. Bahkan pertukaran inspirasi juga bisa terjadi dalam satu tim perusahaan dengan semangat dan produktivitas yang lebih menyenangkan. Sehingga sangat tepat digunakan oleh para pemilik bisnis start up.

Coworking Space Menjalankan Tim Kecil

Bisnis start up merupakan bisnis berbasis teknologi digital. Biasanya bisnis start up hanya dijalankan oleh beberapa orang saja sebagai suatu tim. Terlebih saat awal-awal pendirian dan pembangunan, bisnis startup cukup dioperasikan dari rumah atau kafe selama jaringan internet memadai. Bahkan bisnis start up juga bisa dioperasikan sendiri atau mandiri secara perorangan.

Namun, seiring dengan pengembangan bisnis startup kebutuhan terhadap sumber daya manusia dan jaringan internet yang lebih tentu diperlukan. Selain itu, kebutuhan untuk bertatap muka juga semakin diperlukan. Oleh sebab itu, daripada harus bekerja di rumah atau kafe dengan jaringan internet terbatas maka pemanfaatan coworking space sangat membantu.

Coworking menawarkan ruang kerja yang lebih nyaman dengan fasilitas lengkap termasuk koneksi jaringan internet cepat. Hal bisa tersebut karena akses jaringan internet korporasi berbeda dengan rumah atau cafe. Tentu saja ini sangat menguntungkan kelangsungan bisnis start up yang masih memiliki tim kecil. Bahkan coworking juga memberikan peluang networking yang lebih luas.

Harga Sewa Ruang Kerja Terjangkau

Salah satu daya tarik memulai bisnis startup, yaitu modal yang sedikit. Namun, modal yang sedikit ini ternyata bisa menjadi salah satu kendala bagi keberlangsungan bisnis start up tersebut. Apalagi jika bisnis startup ingin tetap tumbuh dan berkembang. Konsekuensi dari modal yang sedikit ini juga berimbas pada ketidaktersediaan biaya untuk menyewa ruang kerja.

Coworking menyediakan ruang kerja yang bisa disewa dengan harga terjangkau dibandingkan menyewa di gedung perkantoran. Penawaran harga sewa coworking space cukup beragam. Mulai dari sewa per jam, hari, minggu hingga bulan. Paket yang disewakan juga beragam. Mulai dari working table, office room hingga PC rental.

Coworking space menawarkan banyak kemudahan untuk pelaku-pelaku bisnis kreatif terutama start up. Terlebih bisnis startup banyak digeluti oleh generasi muda yang memiliki keinginan lebih bebas. Selain itu, kalangan muda juga memiliki sistem dan konsep kerja yang berbeda dari kalangan sebelumnya. Tentu konsep coworking bisa menjadi solusi ideal tersebut.

Source : https://snapy.co.id/artikel/coworking-space-tempat-kerja-ideal-untuk-bisnis-start-up

Mau Mendirikan PT?

Associe bisa bantu kamu dalam mendirikan PT

Layanan Associe

Bagikan Artikel

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *