Associe

Table of Contents
Artikel Terbaru

Follow Associe

Belajar Bisnis dari Manchester City

5 Poin Bisnis dari Manchester City yang Bisa Diterapkan untuk Usaha Anda

Manchester City adalah salah satu klub sepak bola terbaik di dunia saat ini. Mereka sedang diambang menjuarai tiga kompetisi sekaligus: Premier League, FA Cup, dan Champions League. Prestasi ini tentu tidak didapat dengan mudah. Ada strategi yang diterapkan oleh Manchester City dalam meraih tujuan mereka. Strategi ini juga bisa diaplikasikan ke dalam bisnis. Berikut adalah lima poin bisnis dari Manchester City yang bisa Anda tiru untuk usaha Anda.

1. Mempunyai Visi Misi Jelas

Khaldoon Al Mubarak bersama Direktur Manchester City Ferran Soriano dan Txiki Begiristain, didampingi Pep Guardiola saat merayakan gelar juara liga inggris pada 22 Mei 2022
Sumber: Michael Regan/Getty Images

Dalam mencapai kesuksesannya sampai sekarang, Manchester City memiliki visi dan misi yang jelas. Visi dan misi mereka adalah membangun klub secara keberlanjutan, dengan struktur akademi yang dirancang untuk mendukung kesuksesan tim utama jangka panjang, hingga keterlibatan dengan komunitas sekitar. Hal ini diwujudkan dengan memilih pemangku jabatan yang tepat. Peran dan kolaborasi Ferran Soriano sebagai CEO, Txiki Begiristain sebagai Direktur Sepak Bola, hingga Pep Guardiola sebagai pelatih kepala sangat membantu Manchester City mencapai visi misi mereka.

Hal ini juga bisa diwujudkan untuk bisnis Anda. Anda harus memiliki visi misi yang jelas untuk bisnis Anda. Visi adalah gambaran tentang apa yang ingin Anda capai di masa depan, seperti menjadi pemimpin pasar, menciptakan dampak sosial, atau mengubah industri Anda. Misi adalah cara atau langkah-langkah untuk mencapai visi tersebut, seperti menawarkan produk atau layanan berkualitas, memberikan nilai tambah bagi pelanggan, atau berinovasi secara terus-menerus. Visi misi harus spesifik, realistis, dan dapat diukur, sehingga Anda dapat mengevaluasi kemajuan dan hasil Anda. Anda juga harus memilih pemimpin atau manajer yang sesuai dengan visi misi Anda dan dapat bekerja sama dengan baik dengan tim Anda. Pemimpin atau manajer yang baik adalah yang dapat menginspirasi, mengarahkan, dan mendukung tim Anda dalam mencapai tujuan bersama.

2. Mampu Beradaptasi

Manchester City terkenal dengan strategi short posession, yaitu menguasai bola dengan umpan-umpan pendek dan cepat. Namun, akhir-akhir ini mereka juga menggunakan kombinasi long pass, terutama saat melawan Manchester United untuk mampu mengalahkan mereka di final Piala FA 2023. Kombinasi ini membuat permainan Manchester City lebih variatif dan sulit ditebak oleh lawan.

Kemampuan beradaptasi sangat penting dalam bisnis. Pasar dan konsumen selalu berubah dan berkembang. Jika bisnis Anda tidak mampu mengikuti perubahan tersebut, maka Anda akan tertinggal oleh pesaing. Anda harus selalu memantau tren, kebutuhan, dan preferensi konsumen Anda, serta menyesuaikan produk atau layanan Anda sesuai dengan permintaan mereka. Kemampuan beradaptasi akan membantu Anda untuk tetap relevan, kompetitif, dan unggul di pasar yang dinamis. Anda juga dapat menciptakan peluang baru, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi risiko dengan beradaptasi secara cepat dan tepat.

3. Strategi Rekrutmen yang Tepat

Kemampuan adaptasi tidak dapat dilakukan tanpa sumber daya yang tepat. Manchester City berhasil merekrut pemain-pemain yang sesuai dengan kebutuhan dan visi mereka. Salah satunya adalah Erling Haaland, yang bergabung dengan klub pada musim panas 2022 dari Borussia Dortmund. Pemain asal Norwegia ini menjadi penyerang andalan Manchester City dengan mencetak 52 gol di musim perdananya. Pemain lain seperti Kevin De Bruyne, Phil Foden, Kyle Walker, dan John Stones juga mampu memenuhi keinginan pelatih Pep Guardiola.

Dalam mencapai strategi bisnis, Anda juga harus mampu menemukan atau merekrut karyawan yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Karyawan yang tepat adalah yang memiliki kompetensi, motivasi, dan integritas yang tinggi. Mereka juga harus memiliki keselarasan dengan misi dan nilai-nilai perusahaan Anda. Dengan demikian, mereka akan bekerja dengan maksimal dan loyal terhadap perusahaan Anda. Strategi rekrutmen yang baik akan mampu mendorong kinerja bisnis karena Anda dapat mendapatkan karyawan yang berkualitas, produktif, inovatif, dan kolaboratif. Selain itu karyawan yang baik juga akan meningkatkan kepuasan pelanggan, reputasi perusahaan, dan loyalitas merek.

Baca juga: 8 Strategi Rekrutmen yang Efektif untuk Menemukan Talenta Terbaik

4. Memiliki Target Jangka Panjang

Gambar Etihad Campus milik Manchester City
Sumber: Raver_Mikey Flickr

Manchester City memang mempunyai sumber daya uang yang banyak, namun mereka tidak hanya mengandalkan itu saja. Mereka menggunakan sumber daya tersebut untuk membangun Etihad Campus, yang merupakan sekolah sepak bola yang berkualitas untuk nantinya dapat membantu Manchester City mendapatkan pemain berkualitas tanpa harus membeli pemain lagi. Contohnya Phil Foden, yang merupakan produk akademi Manchester City dan menjadi salah satu pemain terbaik di tim utama.

Bisnis Anda juga harus memiliki target jangka panjang, tidak hanya fokus pada masa sekarang. Target jangka panjang adalah tujuan yang ingin Anda capai dalam waktu lima tahun atau lebih. Target ini harus sesuai dengan visi misi Anda dan dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan Anda. Misalnya, Anda ingin meningkatkan pangsa pasar, memperluas jangkauan geografis, atau meluncurkan produk baru. Anda juga harus mempersiapkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai target tersebut, seperti modal, teknologi, sumber daya manusia, dan lain-lain. Dengan memiliki target jangka panjang, Anda dapat merencanakan strategi dan tindakan yang diperlukan untuk mencapainya.

5. Membangun Jejaring

Manchester City juga membangun jejaring di berbagai belahan dunia, yang bernama City Football Group. City Football Group adalah konsorsium yang memiliki atau bermitra dengan sembilan klub sepak bola di lima benua. Tujuannya adalah untuk membuat branding kuat, pengembangan pemain, dan sinergi bisnis. Beberapa klub yang termasuk dalam City Football Group adalah New York City FC, Melbourne City FC, Yokohama F. Marinos, dan Mumbai City FC.

Membangun jejaring juga dibutuhkan oleh bisnis Anda. Jejaring adalah hubungan atau koneksi yang Anda bangun dengan pihak-pihak lain yang dapat memberikan manfaat bagi bisnis Anda. Jejaring bisa meliputi pelanggan, pemasok, mitra, investor, media, komunitas, dan lain-lain. Dengan memiliki jejaring yang luas dan kuat, Anda dapat meningkatkan reputasi, penjualan, inovasi, dan kesempatan bisnis Anda. Jejaring juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan masukan, saran, dukungan, referensi, dan kolaborasi dari pihak-pihak yang terkait dengan bisnis Anda. Jejaring juga dapat memperluas jangkauan dan pengaruh Anda di pasar yang Anda targetkan.

Kesimpulan

Manchester City adalah klub sepak bola yang berhasil menerapkan strategi bisnis yang baik dalam meraih tujuan mereka. Ada lima poin bisnis dari Manchester City yang bisa Anda tiru untuk usaha Anda, yaitu mampu beradaptasi, perekrutan yang tepat, mempunyai visi misi jelas, memiliki target jangka panjang, dan membangun jejaring. Dengan menerapkan poin-poin ini, Anda dapat meningkatkan kinerja dan pertumbuhan bisnis Anda.

Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam mengembangkan bisnis Anda, Anda bisa menghubungi Associe. Associe.co.id adalah partner bisnis yang dapat membantu Anda dalam hal perencanaan strategis, manajemen keuangan, pemasaran digital, pengembangan SDM, dan lain-lain. Kunjungi website associe.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Peter Marvin

Peter Marvin

Former accountant for 5 years. Currently shares practical insights on digital marketing, finance, and business growth.

Mau Mendirikan PT?

Associe bisa bantu kamu dalam mendirikan PT

Layanan Associe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *