Associe

Associe Jasa Pendirian Usaha

Kamus HR Bahasa Indonesia

Kamus HR merupakan referensi yang berguna bagi para profesional HR atau siapa saja yang ingin memahami istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia HR.

Associe Jasa Pendirian Usaha

Kamus HR Bahasa Indonesia

Kamus HR merupakan referensi yang berguna bagi para profesional HR atau siapa saja yang ingin memahami istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia HR.

A

Data yang menunjukkan tentang kehadiran karyawan setiap harinya dalam sebuah perusahaan.

Kegiatan penyusunan dan pencatatan data serta informasi secara sistematis.

Tinjauan berkala yang dilakukan atas kinerja dan kontribusi yang telah diberikan karyawan kepada perusahaan.

B

Pemeriksaan yang dilakukan rekruter kepada calon kandidat untuk mengetahui kebenaran informasi.

Metode yang digunakan oleh perusahaan untuk mengukur kinerja dan mencapai tujuan strategis. Baca Selengkapnya.

Standar yang dimanfaatkan untuk membandingkan antara satu hal dengan hal lainnya yang sejenis.

Upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan kompensasi lebih kepada karyawan.

Pendapatan tambahan yang diberikan perusahaan di luar upah atau gaji pokok karyawan sebagai hadiah karena telah melakukan pekerjaan dengan baik.

C

Jenjang karier yang memiliki tahapan atau tingkat tertentu yang harus dilewati oleh karyawan jika mereka ingin meningkatkan level karier mereka.

Metode pelatihan dimana individu yang lebih berpengalaman atau terampil memberikan nasihat dan bimbingan kepada karyawan, dengan tujuan untuk membantu mengembangkan keterampilan, kinerja, dan karier karyawan.

Bagian dari surat lamaran pekerjaan yang tujuannya sebagai pelengkap curriculum vitae atau resume. Cover letter berisi latar belakang pelamar secara singkat, motivasi pelamar untuk bekerja di perusahaan, dan alasan pelamar memilih posisi jabatan yang tersedia.

Hak bagi setiap karyawan untuk tidak bekerja dalam jangka waktu tertentu.

D

Alat yang digunakan para manajer untuk berkomunikasi dengan karyawan agar mereka bersedia untuk mengubah perilaku dan untuk meningkatkan kesadaran juga kesediaan seseorang agar mentaati semua peraturan dan norma sosial yang berlaku disuatu perusahaan.

Bagian-bagian di dalam industri yang menanggulangi satu bidang tertentu serta mempunyai fungsi serta kewenangannya masing-masing.

E

Tools atau sistem yang membantu untuk mengatur proses bisnis dalam suatu kesatuan yang terintegrasi seperti marketing, produksi, pembelian dan accounting dan menyimpan semua transaksi dalam suatu database yang digunakan perusahaan serta menyediakan manajemen reporting tools.

 Penilaian dan peninjauan yang dilakukan secara berkala terhadap karyawan di tempat kerja. Biasanya evaluasi kinerja dilakukan setiap tahun atau pada periode-periode tertentu secara reguler.

F

Seseorang yang sedang mencari pekerjaan pertama kali setelah lulus kuliah/sekolah. 

G

Kompensasi dari perusahaan kepada pekerja dalam kurun waktu yang sama. Biasanya diberikan dalam bentuk uang dengan nominal yang sudah disepakati bersama antara karyawan dengan perusahaan.

H

Metode yang digunakan perusahaan untuk meletakkan posisi dalam talent mapping dengan menggunakan metode penilaian potensi (potential) dan kinerja (performance).

 Departemen HR yang mengelola manusia sebagai modal berharga milik perusahaan yang perlu ditingkatkan nilainya sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

Divisi pada perusahaan yang berwenang mengurus sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan tersebut. Dalam kata lain, divisi yang mengurus bidang kepegawaian.

 Gabungan sistem kerja antara bekerja dari rumah atau remote dengan kemampuan perusahaan untuk menyeimbangkan kebutuhan karyawan mulai dari alur kerja, komunikasi, alat, hingga software yang mampu memenuhi dan mengoptimalkan pekerjaan.

I

Bentuk kompensasi dari perusahaan kepada tenaga kerja sebagai tambahan penghasilan di luar gaji atau upah bulanan sebagai penghargaan atas kerja kerasnya dalam bekerja.

Proses rekrutmen di mana pelamar akan berinteraksi secara langsung dengan seseorang dari pihak perusahaan, baik itu HRD maupun user.

J

 Pedoman yang dibuat perusahaan untuk karyawan agar bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan posisi yang sudah ditentukan.

Teknik klafikasi yang dilakukan HR untuk menentukan perbedaan di antara jenis pekerjaan dalam perusahaan.

K

Matriks atau nilai yang dibuat untuk mengukur performa dari perusahaan. Baca selengkapnya

Imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan akan kinerja yang sudah ia lakukan.

Kemampuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja.

 Kesepakatan yang terjadi antara pekerja dan pengusaha baik dalam bentuk tulisan maupun lisan yang memuat poin-poin dari hak dan kewajiban dari kedua belah pihak sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

L

Tindakan perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja baik sementara maupun permanen. Hal ini terjadi karena perusahaan mengalami kerugian dan tidak mampu menjaga stabilitas ekonomi bisnisnya. 

Tersedianya posisi jabatan yang kosong sehingga dapat ditempati oleh seseorang untuk bekerja.

M

Program belajar sekaligus berlatih bekerja dengan cara langsung pada sebuah perusahaan selama beberapa waktu.

N

Metode pemotongan pajak yang akan ditanggung oleh perusahaan. Hal ini dilakukan agar setiap bulannya karyawan menerima gaji sesuai dengan perjanjian awal kerja.

O

Surat resmi dan tertulis yang memberitahu bahwa calon karyawan merupakan kandidat terpilih untuk bekerja di perusahaan. Juga lebih dikenal sebagai surat penawaran kerja.

Proses transisi atau penyesuaian karyawan baru terhadap hal-hal yang menyangkut perusahaan.

 Pemberitahuan dari karyawan sebelum mengajukan resign dalam setidaknya dalam waktu satu bulan.

Penggunaan tenaga kerja dari pihak ketiga untuk bagian tertentu dalam pekerjaan di sebuah perusahaan.

P

Pajak yang dikenakan kepada orang pribadi atau badan atas penghasilan yang diterima atau diperoleh dalam suatu tahun pajak. Penghasilan yang dimaksud dapat berupa keuntungan usaha, gaji, honorarium, hadiah, dan yang lainnya.

Sistem penggajian yang dilakukan perusahaan untuk membayar upah karyawan pada periode tertentu, misalnya mingguan atau bulanan.

Seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri (pensiun muda). Secara umum, batas usia pensiun minimal 58 tahun dan maksimal 65 tahun.

 Perjanjian kerja yang didasarkan pada jangka waktu atau jenis pekerjaan yang sifatnya terbatas. 

Perjanjian kerja antara pekerja/buruh dengan pengusaha untuk mengadakan hubungan kerja yang bersifat tetap.

Pengakhiran hubungan kerja karena suatu hal tertentu yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antara pekerja dan perusahaan/majikan.

Kumpulan data yang menampilkan kemampuan atau hasil kerja yang dimiliki kandidat pada jenis bidang pekerjaan tertentu.

Periode kerja yang diberikan oleh perusahaan pada karyawan yang baru saja masuk. 

Tes yang digunakan oleh perusahaan untuk mengukur kemampuan seseorang layak bekerja di bagian yang sedang dicari atau tidak.

Q

 Aspek-aspek dari fungsi manajemen keseluruhan yang menetapkan dan menjalankan kebijakan mutu suatu perusahaan/organisasi.

Sikap seseorang yang berhenti melakukan sesuatu yang ekstra dalam pekerjaannya.

R

 Penggantian uang oleh perusahaan kepada karyawan sebagai bentuk kompensasi atas segala biaya atau pengeluaran yang sudah dilakukan oleh karyawan. 

Proses mencari dan menyeleksi calon karyawan untuk mengisi posisi atau jabatan tertentu.

Pengunduran diri yang dilakukan oleh para pekerja dari tempat ia bekerja saat itu secara sukarela tanpa ada paksaan.

S

Bentuk pembayaran yang diberikan oleh pihak perusahaan, yang mana karyawan akan mendapatkan komponen penyusunnya secara tertulis dan disepakati di dalam kontrak kerja.

Susunan upah dari yang memiliki nilai terendah hingga sampai yang tertinggi.

Petunjuk tertulis yang memaparkan tentang kebijakan, langkah kerja, deskripsi pekerjaan, langkah kerja hingga tinjauan kinerja untuk melaksanakan kegiatan harian dan harus diikuti semua karyawan yang terlibat dalam operasional perusahaan. Baca selengkapnya

T

Seseorang yang mengidentifikasi dan mengakuisisi karyawan dengan talenta terbaik untuk memenuhi kebutuhan perusahaan

Pertemuan seluruh jajaran perusahaan, baik pimpinan dan karyawan, untuk berkomunikasi serta berdialog terkait perusahaan. 

U

Orang yang nantinya akan menjadi atasan langsung dalam pekerjaan jika kamu diterima bergabung dengan perusahaan.

V

Tulisan singkat yang berisi pernyataan jelas, dan menjadi arah dari sebuah perusahaan atau organisasi.

W

Surat peringatan yang diberikan kepada karyawan jika melanggar peraturan.

Proses kerja/bisnis yang sistematis dimana dokumen atau informasi yang di buat, dialirkan dari satu pihak ke pihak yang lain untuk tindakan lanjutan menurut suatu aturan atau prosedur tertentu yang telah disepakati bersama dalam perusahaan.

Teknik manajemen yang dilakukan secara sistematis untuk memperoleh informasi mengenai tingkat efektivitas dan efisiensi kerja organisasi berdasarkan volume kerja. 

 Kegiatan bekerja yang dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke kantor. Juga sering disebut dengan istilah remote working.

Sistem kerja tradisional yang mana pekerja seperti biasa pergi ke kantor terlebih dahulu. Istilah lain dari WFO yang cukup terkenal adalah on-site. 

Kemampuan seseorang dalam menyeimbangkan tanggung jawabnya dalam pekerjaan dan hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.