Associe

Cek Kesehatan Finansial dengan Laporan Keuangan dan Pajak

Cek Kesehatan Finansial dengan Laporan Keuangan dan Pajak

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Menyusun laporan keuangan menjadi salah satu hal yang penting dilakukan oleh setiap pelaku usaha. Laporan keuangan diperlukan untuk mengetahui kesehatan finansial usaha. Segala jenis aliran uang yang keluar dan masuk dalam suatu usaha tentu lebih baik ditulis dalam laporan keuangan dan pajak.

Pembukuan laporan keuangan ini membutuhkan ketelitian dan kerumitan tersendiri, banyak pelaku usaha yang mengesampingkan laporan keuangannya. Padahal laporan keuangan ini sangat penting untuk keberlangsungan usaha. Untuk itu jasa laporan keuangan dan pajak sangat membantu pemilik usaha untuk membuat laporan keuangan tanpa harus merekrut akuntan sebagai karyawan secara mandiri.

Mengenal Laporan Keuangan dan Pajak

Perusahaan dengan skala yang besar akan memilih seorang akuntan yang direkrut sebagai karyawan untuk mengurus segala jenis laporan keuangannya. Berbeda dengan usaha perorangan yang memiliki skala lebih kecil, yang tidak memungkinkan untuk merekrut seorang akuntan sebagai karyawan. 

Laporan keuangan usaha biasanya terdiri atas neraca, laporan rugi laba dan catatan atas laporan keuangan. Segala bentuk transaksi suatu usaha harus disusun dan disajikan secara tepat selama periode tertentu. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses audit dan mendeteksi adanya gangguan pada aliran dana usaha. 

Hal serupa juga berlaku dalam pelaporan pajak. Segala jenis urusan perpajakan harus dilakukan secara cermat dan tepat untuk memastikan usaha yang dilakukan tetap tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia. Perlu diketahui bahwa keuangan dan perpajakan tidak dapat dihindari pada setiap jenis usaha. Terutama usaha yang ingin berkembang menjadi lebih luas dan besar.

Segala jenis penyusunan dan penyajian laporan keuangan juga memiliki standar. Standar pelaporan keuangan yang digunakan di Indonesia adalah SAK ETAP. Dengan adanya standar ini, para pelaku usaha diharapkan mampu untuk melakukan pelaporan yang baik. Namun, umumnya usaha kecil dan menengah akan kesulitan untuk melakukan kegiatan penyusunan laporan keuangan usaha secara mandiri. Padahal Laporan keuangan yang baik akan meningkatkan likuiditas dan kepercayaan investor dalam pengembangan usaha.

Manfaat Laporan Keuangan dan Pajak

Laporan keuangan dan pajak akan sangat membantu pemilik usaha untuk mengevaluasi kondisi keuangan tiap periode. Dari hasil evaluasi ini akan diperoleh gambaran mengenai kinerja, kemajuan maupun kerugian suatu usaha. Hasil evaluasi selanjutnya dapat dipakai sebagai acuan untuk membuat strategi bisnis dalam alokasi dana kedepannya. Pengambilan keputusan untuk mengembangkan hingga menutup usaha juga dapat dilihat dari hasil evaluasi ini.

Manfaat lain dari laporan keuangan dan pajak yang baik tentu akan sangat dirasakan saat sebuah usaha membutuhkan modal maupun investor. Pada usaha skala menengah kebawah, laporan keuangan akan diperlukan untuk mengajukan pinjaman kredit usaha di bank penyedia modal. 

Biasanya bank akan menilai likuiditas usaha dari laporan keuangannya sehingga pihak bank akan lebih percaya dalam mengeluarkan pinjaman modal yang bernilai besar. Hal ini akan sangat terbantu jika menggunakan jasa laporan keuangan dan pajak untuk membantu menyusun laporan tersebut. Bagi perusahaan menengah atas, laporan keuangan dan pajak yang sesuai standar akan meningkatkan kepercayaan investor, nilai saham dan juga likuiditas perusahaan karena track recordnya yang baik dan taat hukum.

Selain berbagai manfaat yang telah disebutkan, fungsi laporan keuangan dan pajak tentu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti korupsi. Kebocoran dana serta alokasi yang tidak sesuai akan menggerogoti usaha secara perlahan. Kemampuan membayar kredit juga dapat diprediksi dengan mengevaluasi laporan keuangan. Masalah hukum seperti pajak dapat dihindari melalui laporan pajak.

Keunggulan Menggunakan Jasa Laporan Keuangan dan Pajak

Menggunakan jasa laporan keuangan dan pajak masih menjadi hal yang baru bagi beberapa usaha terutama pada skala menengah kebawah. Banyak pemilik usaha yang masih ragu untuk menggunakan jasa ini padahal manfaat yang diberikan sangat banyak. Kekhawatiran mengenai biaya dan kredibilitas penyedia jasa juga masih dipertanyakan. Namun coba baca lagi list keunggulan menggunakan jasa laporan keuangan dan pajak dibawah ini:

  1. Penyedia jasa memiliki sertifikasi dan pengalaman yang tinggi di bidangnya. Dalam hal ini, setiap konsultan keuangan maupun pajak yang kredibel harus memiliki sertifikasi pada tiap bidang dan terdaftar secara resmi di lembaga resmi Indonesia.
  2. Pengalaman yang luas dalam berbagai masalah keuangan dan perpajakan. Perlu diketahui bahwa aturan perpajakan di Indonesia berubah sangat cepat. Biasanya, para profesional inilah yang sangat familiar dengan perubahan aturan ini sehingga akan memudahkan pelaku usaha menyesuaikan aturan yang berlaku
  3. Konsultasi secara berkala. Sebagai penyedia jasa laporan keuangan dan pajak akan menawarkan konsultasi kapanpun dibutuhkan. Hal ini tentu sangat membantu pemilik usaha untuk mengambil langkah strategis yang harus dilakukan sewaktu-waktu
  4. Biaya yang variatif. Hal ini dipengaruhi oleh skala pelaporan karena client yang ditangani juga beragam. Mulai dari korporasi, CV hingga perorangan dapat mengakses jasa laporan keuangan dan pajak sesuai yang dibutuhkan
  5. Pengerjaan yang cepat dan tepat. Karena dikerjakan oleh profesional yang telah akrab dengan seluruh proses pelaporan keuangan membuat waktu kerja yang dibutuhkan lebih singkat. Selain itu, laporan keuangan yang detil dan terperinci secara jelas akan meningkatkan keakuratan laporan keuangan dan pajak yang ada.
More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *