Logo Associe
Table of Contents
Artikel Terbaru

Follow Associe

Keuntungan Memanfaatkan Jasa Konsultan Pajak SPT Tahunan

Syarat Bebas Pajak dan Tarif Pajak Penghasilan Pribadi terbaru

Jasa konsultan pajak SPT Tahunan menjadi salah satu layanan yang dicari pebisnis dan perusahaan menjelang berakhirnya masa pelaporan SPT Tahunan. Melaporkan SPT Tahunan wajib bagi warga negara dan perusahaan yang masuk dalam kategori wajib pajak.

Definisi Konsultan Pajak

Konsultan pajak merupakan profesi yang didasarkan pada keahlian memberikan advis, saran, konsultasi yang berkaitan dengan perpajakan kepada wajib pajak baik itu perorangan maupun perusahaan. Tidak hanya memberikan jasa konsultasi dan saran bagi wajib pajak, namun juga membantu wajib pajak mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan kewajiban melaporkan SPT Tahunan dan kewajiban membayar pajak. Tak jarang konsultan pajak juga membantu perhitungan pajak sekaligus mengurus pengisian formulir SPT hingga melaporkan SPT Tahunan ke kantor pajak.

Keuntungan Memanfaatkan Jasa Konsultan Pajak SPT Tahunan

Kerja sama antara penyedia jasa dan pengguna adalah hubungan yang saling menguntungkan. Konsultan pajak beruntung karena mendapatkan penghasilan dari jasa yang ia tawarkan. Pengguna jasa juga mendapatkan berbagai keuntungan dengan menyewa jasa konsultan pajak, beberapa diantaranya adalah:

1. Mempermudah pelaporan SPT Tahunan

Bagi wajib pajak pelaporan SPT Tahunan harus dilakukan secara berkesinambungan sebelum batas akhir pelaporan yang biasanya ditentukan setiap 31 Maret setiap tahun. Tidak semua wajib pajak paham mekanisme pelaporan SPT Tahunan, terutama pengisian formulir yang kerapkali dianggap membingungkan. Jasa konsultan pajak SPT tahunan sangat membantu wajib pajak menuntaskan kewajibannya.

2. Menghindari denda dan sanksi administratif akibat keterlambatan

Keberadaan jasa konsultan pajak SPT Tahunan membantu perusahaan atau wajib pajak perseorangan terhindar dari ancaman denda akibat terlambat melaporkan SPT Tahunan. Sesibuk apapun si wajib pajak, atau alasan tidak paham cara melaporkan SPT Tahunan tidak dapat dijadikan dalih untuk terbebas dari sanksi akibat keterlambatan melaporkan SPT Tahunan. Maka jasa konsultan pajak SPT Tahunan berperan besar dalam proses pelaporan SPT agar wajib pajak terhindar dari denda keterlambatan.

3. Menekan biaya operasional perusahaan

Tidak semua perusahaan sebagai wajib pajak memiliki karyawan yang mumpuni untuk mengurus perpajakan. Di sisi lain perusahaan juga memperhitungkan cost dan biaya operasional untuk bertahan di tengah krisis ekonomi dan persaingan bisnis. Memanfaatkan jasa konsultan pajak SPT Tahunan adalah satu cara menekan biaya operasional terutama dalam pos anggaran membayar gaji karyawan. Jasa konsultan pajak SPT Tahunan hanya bertugas selama waktu yang dibutuhkan untuk persiapan pelaporan pajak. Pembayaran jasanya bergantung pada kesepakatan sesuai masa bertugas dan job deskripsi. Sistem kerja sama wajib pajak dan konsultan pajak dengan cara demikian sangat membantu perusahaan menghemat biaya operasional secara signifikan tanpa melalaikan kewajiban melapor dan membayar pajak.

4. Menekan kewajiban dan tanggungan perusahaan

Menyewa jasa konsultan pajak SPT Tahunan sama halnya dengan mempekerjakan pekerja lepas. Perusahaan tidak perlu membayar gaji bulanan, menyediakan asuransi kesehatan dan tidak ada kewajiban membayar premi pensiun. Perusahaan wajib pajak juga terbebas dari kewajiban memberikan bonus atas prestasi kerja maupun saat neraca keuntungan perusahaan meningkat signifikan. Perusahaan tidak perlu membayar uang lembur dalam proses penyelesaian laporan SPT Tahunan meski konsultan pajak memerlukan waktu di luar jam kerja. Jika kerja sama berakhir perusahaan juga tidak perlu membayar pesangon kepada konsultan pajak.

5. Urusan perpajakan diserahkan pada ahlinya

Memanfaatkan jasa konsultan pajak SPT Tahunan sama halnya dengan menyerahkan urusan perpajakan kepada ahlinya. Wajib pajak, baik itu perorangan maupun perusahaan bisa merasa tenang telah menyerahkan kewajiban melaporkan pajak pada ahlinya sehingga bisa lebih fokus pada pengembangan karya dan usaha.

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak SPT Tahunan

Adakah tips khusus memilih jasa konsultan pajak SPT Tahunan? Beberapa tips berikut bisa dipertimbangkan ketika hendak menyewa jasa konsultan pajak:

1. Pilih yang berlisensi atau tepercaya

Data perusahaan adalah sesuatu yang sangat berharga. Apalagi jika data tersebut berkaitan dengan neraca perdagangan, perhitungan untung rugi, transaksi jual beli dan data-data yang terkait perpajakan. Maka pilih jasa konsultan pajak SPT Tahunan yang telah berlisensi, atau tepercaya dan sudah dikenal baik.

2. Pertimbangkan jenis layanan sesuai kebutuhan

Jenis layanan konsultan pajak bisa beraneka ragam, antara lain kepatuhan pajak, perencanaan pajak, pemeriksaan laporan pajak, pendampingan dalam pemeriksaan pajak, permohonan restitusi atau terbatas pada konsultasi. Pertimbangkan jenis layanan yang ditawarkan konsultan pajak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

3. Komitmen sesuai perjanjian

Pajak adalah dunia yang rentan permasalahan. Salah melaporkan data bisa dianggap penggelapan. Telat melaporkan SPT Tahunan dibayangi ancaman sanksi dan denda. Mengingat resiko berhadapan dengan berbagai sanksi dan ancaman, hendaknya perusahaan meminta komitmen tertulis dari konsultan pajak untuk memenuhi tugas dan kewajibannya sesuai batas waktu yang diberikan.

Mau Mendirikan PT?

Associe bisa bantu kamu dalam mendirikan PT

Layanan Associe

Bagikan Artikel

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *