Table of Contents
Artikel Terbaru

Follow Associe

7 Alasan Jasa Akuntansi Freelance Menguntungkan

Artikel Associe

7 Alasan Mengapa Jasa Akuntansi Freelance Menguntungkan Perusahaan

Jasa akuntansi freelance menjadi salah satu pilihan bagi perusahaan untuk mengelola laporan pembukuan perusahaan karena memiliki beberapa keuntungan. Menyewa jasa akuntansi freelance bisa dipertimbangkan oleh berbagai skala perusahaan, dari perusahaan skala mikro hingga perusahaan skala besar.

Perusahaan yang dikelola secara profesional membutuhkan tenaga akuntan untuk mencatat keuangan perusahaan. Tugas utama seorang akuntan antara lain:

  1. Melakukan pencatatan transaksi keuangan perusahaan
  2. Mengadakan rekonsiliasi dan audit transaksi dan laporan keuangan
  3. Menyiapkan dan melakukan pemeriksaan faktur pajak
  4. Menyelesaikan laporan keuangan
  5. Memantau anggaran perusahaan apabila diperlukan

Pekerjaan akuntan sebagian besar dilakukan di belakang meja dan membutuhkan komputer serta jaringan internet. Jenis pekerjaan yang berkaitan erat dengan administrasi dan data entry seperti akuntansi memudahkan dilakukan dari jarak jauh tanpa harus hadir di kantor setiap hari sehingga kesempatan bagi perusahaan untuk menyewa jasa akuntan freelance tanpa harus memberi fasilitas lebih laiknya karyawan tetap semakin terbuka lebar.

Alasan Perusahaan Menggunakan Jasa Akuntansi Freelance

Meskipun lazimnya perusahaan pasti memiliki karyawan tetap untuk menyelesaikan pekerjaan yang berkaitan dengan bidang usaha, mempekerjakan jasa akuntansi freelance memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

Menekan Biaya Operasional Perusahaan

Di masa pandemi krisis ekonomi berdampak pada berbagai jenis usaha. Kondisi krisis memaksa perusahaan melakukan penghematan di segala bidang untuk bisa bertahan. Salah satu caranya adalah dengan menekan biaya operasional termasuk anggaran membayar gaji karyawan. Pekerja lepas tidak menerima gaji bulanan, rata-rata komisi atau upah freelancer dibayar sesuai pekerjaan atau proyek yang diberikan. Sistem pembayaran demikian membantu perusahaan menghemat anggaran secara signifikan.

Memperkecil Tanggungan Perusahaan

Mempekerjakan karyawan tetap menuntut perusahaan untuk membayar tanggungan yang berkaitan dengan hak karyawan. Jaminan kesehatan (iuran BPJS Kesehatan atau premi asuransi kesehatan, jaminan pensiun (iuran BPJS Ketenagakerjaan), bonus tahunan, Tunjangan Hari Raya adalah tanggungan rutin yang harus dibayarkan perusahaan untuk memenuhi hak karyawan. Mempekerjakan jasa akuntansi freelance membantu perusahaan mengurangi tanggungan-tanggungan tersebut sebab tidak ada peraturan yang mewajibkan perusahaan membayar tanggungan untuk pekerja lepas.

Perjanjian Kerja Sama Tidak Mengikat

Berbeda dengan karyawan tetap yang harus memberikan pesangon ketika memberhentikan, tidak ada peraturan yang mewajibkan perusahaan membayar denda atau pesangon jika ingin menghentikan kerja sama dengan jasa akuntansi freelance.

Jam Kerja Fleksibel

Jasa akuntansi Freelance siap bekerja secara fleksibel. Jika karyawan tetap berhak atas uang lembur ketika bekerja di luar jam kerja, ketika perusahaan menyewa jasa akuntansi freelance perusahaan bisa meminta untuk bekerja sewaktu-waktu kapan dibutuhkan. Dengan demikian perusahaan akan diuntungkan dengan efisiensi biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar jasa.

Lebih Obyektif

Menyewa jasa akuntansi freelance yang tidak memiliki keterikatan dengan perusahaan maupun karyawan lain yang bekerja pada perusahaan tersebut dapat memberikan hasil laporan keuangan yang obyektif dan membantu perusahaan mengevaluasi kinerja operasionalnya.

 

 

Tips Memilih Jasa Akuntansi Freelance

Meskipun bersifat pekerja lepas, perusahaan tidak bisa mengabaikan prasyarat tertentu dalam memilih jasa akuntansi freelance. Perusahaan tetap harus menyeleksi sebagaimana lazimnya menyeleksi karyawan tetap agar tidak rugi. Berikut adalah tips memilih jasa akuntansi freelance:

Buka Lowongan Dengan Kriteria Jelas

Tak perlu ragu untuk memasang iklan perekrutan jasa akuntansi freelance. Siapkan kriteria tertentu sesuai kebutuhan perusahaan, cantumkan dengan jelas pekerjaan seperti apa yang dibutuhkan, dan pastikan tanggal terakhir lamaran diterima. Langkah ini membantu perusahaan untuk mendapatkan beberapa kandidat sehingga bisa memilih yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pertimbangkan Latar Belakang Pendidikan

Akuntansi adalah cabang ilmu keuangan yang butuh kecakapan khusus bukan seperti administrasi pada umumnya. Pastikan mempekerjakan jasa akuntansi freelance yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang akuntansi atau bahkan yang sudah memiliki sertifikasi akuntansi.

Pertimbangkan Portofolio

Pengalaman adalah modal berharga bagi seorang pekerja. Perusahaan berhak memeriksa portofolio, contoh hasil pekerjaan jasa akuntansi freelance untuk mendapatkan pekerja lepas terbaik sesuai kebutuhan. Jasa akuntansi freelance yang profesional biasanya menyimpan portofolionya dengan rapi tanpa harus membuka rahasia klien. Misalnya ia bisa menunjukkan daftar perusahan pengguna jasanya atau mencantumkan sosok perwakilan klien yang bisa dimintai rekomendasi

Pertimbangkan Rekomendasi Rekan

Jika lingkaran bisnis merekomendasikan seorang pekerja lepas yang dianggap kinerjanya memuaskan, hendaknya perusahaan mempertimbangkan hal ini dengan baik. Rekomendasi bagi seorang jasa akuntansi freelance adalah bukti pekerjaannya sesuai bahkan melebihi harapan klien. Apalagi akuntansi adalah bidang yang membutuhkan ketelitian ekstra tinggi. Semakin bagus kinerja akuntan, maka pembukuan dan catatan cash flow perusahaan semakin rapi sehingga sangat membantu perusahaan memperhitungkan untung rugi dan memperbaiki kinerjanya berdasarkan pencapaian yang diraih.

Pertimbangkan Untuk Menjadikan Jasa Akuntansi Freelance yang Mumpuni Sebagai Langganan

Jasa akuntansi freelance yang pekerjaannya memuaskan bisa dipertimbangkan sebagai langganan untuk menyelesaikan permasalahan akuntansi perusahaan. Dibandingkan merekrut jasa akuntansi freelance secara terus-menerus, menggunakan jasa akuntansi freelance langganan lebih praktis karena sudah mengenali karakter perusahaan. Jasa akuntansi freelance langganan adalah aset berharga sebab profesionalismenya layak dipercaya.

Jasa akuntansi freelance bisa dipekerjakan oleh berbagai perusahaan tanpa melihat skala perusahaan. Perusahaan besar bisa menyewanya sebagai back up tim akuntan, perusahaan kecil dan sedang atau UMKM akan terbantu operasionalnya tanpa harus menyiapkan anggaran besar dengan mempekerjakan karyawan tetap.

Associe menyediakan jasa akuntansi freelance yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan sesuai dengan skala perusahaan. Bagi perusahaan mikro tidak perlu khawatir karena Associe menyediakan layanan jasa akuntansi freelance untuk perusahaan mikro dengan biaya yang terjangkau. Jasa akuntansi Associe sudah dipercaya oleh ratusan perusahaan untuk mengelola laporan pembukuan perusahaan sejak tahun 2015.

 

Mau Mendirikan PT?

Associe bisa bantu kamu dalam mendirikan PT

Layanan Associe

Bagikan Artikel

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *