Logo Associe
Table of Contents
Artikel Terbaru

Follow Associe

Kenapa Paklaring Penting? Ini Manfaat yang Mungkin Belum Kamu Sadari!

Direview oleh: Frengky Johanes

Di dunia kerja dokumen sering jadi bukti pengalaman dan prestasi yang nggak terbantahkan. Di antara berbagai dokumen tersebut, paklaring atau surat keterangan kerja punya peran penting sebagai jembatan menuju peluang baru.

Buat banyak orang, memahami apa itu paklaring, fungsi, serta manfaatnya bisa membuka pintu ke kesempatan berikutnya dalam karir mereka. Dokumen ini bukan cuma kertas biasa, tapi pengakuan resmi dari perusahaan tentang kinerja dan kontribusi kita selama bekerja di sana.

Artikel ini akan membahas segala hal tentang paklaring—dari pengertiannya, fungsi dan manfaatnya, sampai cara membuat dan meminta surat paklaring. 

Kami juga akan menyediakan contoh paklaring dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan referensi. 

Lewat pembahasan ini, kita akan belajar bagaimana surat keterangan kerja nggak hanya memperkuat posisi kita di pasar kerja, tapi juga memberikan kesan baik tentang profesionalisme kita kepada pihak lain.

Table of Contents

Pengertian Paklaring

Pengertian Paklaring dan kegunaannya

Secara singkat, pengertian paklaring adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh perusahaan untuk mengkonfirmasi pengalaman kerja karyawan. Dokumen ini mencantumkan informasi penting seperti nama karyawan, jabatan, masa kerja, dan terkadang benefit serta gaji terakhir yang diterima. Berikut adalah beberapa poin penting tentang paklaring:

  • Dokumen Resmi: Paklaring harus mencakup kop surat resmi perusahaan dan disahkan dengan tanda tangan manajer.
  • Isi Paklaring: Berisi informasi tentang posisi dan periode bekerja karyawan di perusahaan. Tidak sama dengan surat referensi kerja yang juga mencakup penilaian kinerja.
  • Penerbitan: Biasanya dikeluarkan oleh HRD ketika karyawan mengundurkan diri atau setelah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut.

Penting untuk kita ketahui bahwa isi paklaring bisa berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan di Indonesia; beberapa mungkin tidak mencantumkan informasi tentang benefit dan gaji. Dokumen ini sangat berguna saat kamu mencari pekerjaan baru sebagai bukti pengalaman kerja sebelumnya.

Fungsi Surat Paklaring

Surat paklaring memiliki beberapa fungsi krusial dalam berbagai aspek kehidupan profesional kita. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi-fungsi tersebut:

1. Persyaratan untuk proses pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan

Paklaring menjadi dokumen penting saat kamu ingin mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan. Kamu perlu melampirkan surat ini sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi.

2. Persyaratan untuk mengajukan beasiswa jalur profesional

Jika kamu berencana melanjutkan pendidikan melalui beasiswa, terutama jalur profesional, paklaring diperlukan untuk membuktikan pengalaman kerja kamu. Beasiswa sering kali membutuhkan bukti pengalaman kerja yang relevan untuk mendukung aplikasi kamu.

3. Pelengkap persyaratan untuk mengajukan pinjaman bank atau kartu kredit

Saat mengajukan pinjaman seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau kartu kredit, bank akan meminta paklaring sebagai bukti kamu memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap. Ini membantu bank menilai kemampuan kamu dalam membayar cicilan.

4. Melamar pekerjaan

Dalam proses melamar pekerjaan, terutama untuk posisi yang membutuhkan tanggung jawab besar, paklaring menjadi bukti autentik pengalaman kerja kamu. Ini sangat membantu perusahaan baru dalam menilai kualifikasi dan pengalaman kamu.

Melalui fungsi-fungsi ini, jelas bahwa paklaring bukan hanya sekedar dokumen, tapi sebuah alat penting yang mendukung karir dan pendidikan kamu.

Syarat-Syarat untuk Membuat Surat Paklaring

Untuk mendapatkan surat paklaring, ada beberapa syarat yang harus kita penuhi. Ini penting agar proses pengunduran diri kita diterima dengan baik oleh perusahaan dan kita bisa mendapatkan dokumen yang sangat berguna ini.

1. Masa Kerja

Kita harus telah bekerja minimal satu tahun di perusahaan tersebut. Jika kurang dari itu, biasanya kita belum dianggap memenuhi kriteria untuk mendapatkan paklaring. Ini juga menunjukkan komitmen dan kedewasaan kita dalam berkarir.

2. Mengundurkan Diri dengan Baik-Baik

Proses pengunduran diri harus dilakukan secara profesional dan sopan. Ini akan membantu meninggalkan kesan yang baik dan memudahkan penerbitan paklaring oleh HRD.

3. Performa Kerja serta Relasi yang Baik

Menjaga kinerja yang baik dan hubungan yang harmonis dengan rekan kerja serta atasan adalah kunci. Hal ini tidak hanya mempengaruhi penilaian akhir, tapi juga memudahkan dalam mendapatkan referensi positif dari atasan.

4. Penuhi Semua Kewajiban Sebelum Resign

Pastikan semua tanggung jawab dan kewajiban telah selesai sebelum kita mengajukan pengunduran diri. Ini termasuk menyelesaikan semua pekerjaan yang telah menjadi tanggung jawab kita dan proses administratif lainnya.

Dengan memenuhi syarat-syarat ini, kita tidak hanya meninggalkan perusahaan dengan cara yang profesional, tapi juga memastikan bahwa kita memiliki dokumen penting yang akan membantu dalam langkah karir selanjutnya.

Cara Membuat dan Meminta Surat Paklaring

Untuk mendapatkan surat paklaring, kamu bisa meminta langsung ke HRD atau mengirim email. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

1. Meminta Surat Paklaring Melalui Email

Mulai dengan menulis surat permohonan untuk membuat surat pengalaman kerja. Sertakan identitas kamu beserta alasan permohonanmu.

Contoh format pengajuan paklaring melalui email bisa kamu gunakan sebagai panduan untuk memastikan semua informasi penting tercakup.

2. Format dan Komponen Surat Paklaring

  • Kop Surat Perusahaan: Pastikan kop surat mencakup nama perusahaan, alamat, dan logo yang sah.
  • Nama dan Nomor Surat: Tiap surat harus memiliki judul yang jelas dan nomor unik untuk keperluan arsip.
  • Isi Surat: Harus mencantumkan identitas karyawan, masa kerja, posisi, dan prestasi kerja.
  • Penutup: Tanda tangan dan stempel perusahaan adalah wajib untuk menunjukkan keabsahan dokumen.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu akan dapat memastikan bahwa surat paklaring yang kamu minta atau buat memenuhi semua kriteria resmi dan bermanfaat untuk keperluan selanjutnya dalam karirmu.

Contoh Surat Paklaring Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa contoh surat paklaring yang bisa kamu jadikan referensi saat membutuhkan dokumen ini untuk berbagai keperluan profesional:

  1. Format Surat Paklaring Kerja dalam Bahasa Indonesia
    • Kop Surat Perusahaan: JAYA MAKMUR SENTOSA, Jl. Selalu Bahagia No. 200, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
    • Isi Surat: Menyatakan bahwa Indah Dewi Pratiwi, Chief Marketing Officer, telah bekerja dari 20 Agustus 2014 hingga 1 Januari 2022. Selama masa kerja, beliau menunjukkan dedikasi tinggi dan tidak pernah melakukan kegiatan yang merugikan perusahaan.
  2. Format Paklaring Kerja dalam Bahasa Inggris
    • Company Letterhead: JAYA MAKMUR SENTOSA, Jl. Selalu Bahagia No. 200, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
    • Content of the Letter: Confirms that Ms. Indah Dewi Pratiwi has served as Chief Marketing Officer from August 20, 2014, to January 1, 2022. Throughout her employment, she demonstrated high dedication and integrity.

Kedua contoh ini menunjukkan format yang bisa kamu gunakan baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, memastikan semua informasi penting tercakup dengan jelas.

Kesimpulan

Melalui pembahasan tentang paklaring, kita telah melihat betapa pentingnya dokumen ini dalam memberikan pengakuan resmi terhadap pengalaman kerja seseorang. Dari fungsi hingga cara pembuatan, setiap aspek memegang peran vital dalam memastikan bahwa transisi karir kamu berlangsung dengan lancar. Dokumen ini tidak hanya memperkuat resume kamu tetapi juga membuka pintu untuk peluang baru yang lebih menjanjikan.

Pengetahuan tentang paklaring, serta penggunaan contoh yang efektif, memungkinkan kamu untuk mempersiapkan dokumen ini dengan standar yang diharapkan oleh perusahaan atau institusi baru. Associe sebagai Konsultan HR dapat membantu problem HR bisnis kamu, memastikan bahwa langkah kamu selanjutnya dalam pengembangan karir tidak hanya didukung oleh dokumentasi yang kuat tetapi juga oleh konsultasi profesional yang berharga. Dengan memegang paklaring yang benar dan penuh pertimbangan, kamu siap untuk melangkah ke fase selanjutnya dalam perjalanan profesional kamu.

Frequently Asked Questions

Surat paklaring adalah dokumen penting yang menjadi bukti resmi pengalaman kerja seseorang di sebuah perusahaan. Dokumen ini sangat berguna untuk berbagai keperluan seperti melamar pekerjaan baru, mengajukan beasiswa, dan meminta pinjaman dari lembaga keuangan non-bank.

Surat paklaring berfungsi sebagai surat pengalaman kerja yang mengesahkan bahwa seseorang pernah bekerja pada perusahaan tertentu. Dokumen ini sangat penting dan dianggap resmi karena biasanya dikeluarkan oleh perusahaan tempat seseorang tersebut bekerja.

Surat paklaring dapat diberikan tidak hanya kepada karyawan yang mengundurkan diri atau di-PHK, tetapi juga kepada mereka yang dipecat, sesuai dengan kebutuhan karyawan tersebut. Paklaring ini berguna sebagai dokumen pelengkap untuk melamar kerja dan untuk pencairan BPJS Ketenagakerjaan.

Surat keterangan kerja biasanya diberikan kepada karyawan yang masih aktif bekerja di sebuah perusahaan, sedangkan surat paklaring diberikan kepada mereka yang telah mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

Butuh Bantuan untuk Keperluan HR?

Layanan HR Management dari Associe siap membantu kamu mengatasi hal itu!

Layanan Associe