Associe

Perspektif Laporan Keuangan Startup Digital dalam Upaya Meningkatkan Nilai Bisnisnya

Perspektif Laporan Keuangan Startup Digital dalam Upaya Meningkatkan Nilai Bisnisnya

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Saat ini perusahaan startup menjadi salah satu model perusahaan yang banyak di minati para generasi millennial. Konsep bisnisnya yang menarik menjadi salah satu dasar jenis bisnis ini menarik minat mereka. Bagi kalian yang saat ini sedang menjalankan bisnisnya, jangan lupa juga pahami dalam merancang laporan keuangan untuk bisnis startup digital .

Perkembangan teknologi yang semakin maju pesat, di tambah kepedulian generasi millennial terhadap perkembangan teknologi. Mungkin itulah salah satu dasar yang membuat startup menjadi salah satu pilihan menarik bagi para generasi millennial. Itu semua bukan tanpa sebab dan tanpa resiko, Startup model bisnisnya banyak fokus di teknologi. Model bisnisnya yang simple tidak seperti perusahaan bisnis lainnya, itulah beberapa hal yang membuat tren bisnis startup digital marak bermunculan.

keuangan-bisnis-startup-digital
Diverse people working in the office – sumber

Sebenarnya sah saja munculnya banyak perusahaan startup up bermunculan. Tetapi yang jadi masalah adalah, terkadang mereka sebagai pelaku bisnis tidak semua paham bagaimana cara menjalankan bisnis ini secara benar. Benar dalam artian mereka juga mesti membuat apa yang dinamakan laporan keuangan perusahaan.

Padahal yang namanya bisnis, apapun jenis dan modelnya sudah pasti laporan pengelolaan keuangan menjadi salah satu hal yang mesti ada dan harus di buat agar semua pihak yang terkait dengan bisnis tersebut menjadi paham dengan kondisi yang terjadi pada perusahaan tersebut.

Cara Membuat dan Mempersiapkan Laporan Pengelolaan Keuangan Bisnis Startup Digital

Karena esensi dasar dari sebuah bisnis adalah mengetahui kondisi bisnisnya mengalami untung atau rugi. Maka sudah tidak zamannya lagi jika anda sebagai seorang pelaku bisnis startup digital kurang paham dalam merencanakan sebuah laporan pengelolaan keuangan. Setidaknya dengan kita tahu bahwa fungsi dari laporan tersebut adalah untuk menilai kondisi terkini dari sebuah bisnis startup digital anda akan tahu bagaimana cara benar untuk mengelola bisnis tersebut.

Nah agar anda bisa lebih paham seperti apa kondisi dan komponen apa saja yang mesti di persiapkan untuk bisnis anda yang bergerak dalam industri startup digital. Maka ada dua cara yang bisa anda lakukan, pertama sudah pasti anda harus pelajari dengan baik cara menyusun laporan tersebut. Kedua anda bisa meminta tolong atau setidaknya berdiskusi dengan perusahaan seperti FR Consultant Indonesia dalam merencanakan sebuah laporan.

Berbicara soal jenis atau model pembukuan atau akuntansi bagi bisnis startup digital. Kita minimal harus tahu 3 komponen dasar dari komponen inti yang ada dalam sebuah laporan keuangan untuk bisnis startup :

Komponen yang bernama Buku Pengeluaran

Komponen ini adalah sebuah cost yang menjelaskan semua pengeluaran yang telah di lakukan oleh perusahaan dalam satu periode waktu akuntansi. Dimana pengeluaran yang di maksud bukan semata pengeluaran yang sifatnya besar tetapi juga pengeluaran kecil, sehingga semua pengeluaran di cata dalam satu buku pengeluaran.

Komponen yang bernama Buku Pemasukan

Sama halnya dengan kondisi yang terdapat pada komponen pertama. Dalam komponen buku pemasukan ini maka semua hal yang berhubungan dengan pemasukan menjadi informasi dan data yang harus di masukan dalam komponen pemasukan perusahaan.

Komponen yang bernama Aliran Kas

Dalam komponen yang satu ini maka catatan yang dimasukan haruslah yang berhubungan dengan komponen pada point pertama dan kedua. Karena yang namanya point aliran kas, maka yang terjadi adalah semua hal yang berhubungan dengan kas baik kas masuk atau kas keluar. Sehingga nantinya akan bisa di cross cek antara point 1 dan 2 dengan point ke -3.

4 Jenis Laporan yang Harus di Persiapkan oleh Perusahaan Startup Digital

Setelah kita memahami seperti apa jenis pembukuan atau komponen akuntansinya. Maka step selanjutnya dalam mempersiapkan sebuah laporan keuangan untuk bisnis startup digital. Maka yang mesti anda ketahui adalah 4 jenis laporan pengelolaan yang mesti di persiapkan oleh perusahaan.

Ingat jika anda masih bingung jangan ragu atau bimbang karena ada perusahaan seperti FR Consultant Indonesia yang bisa menjadi mitra atau rekanan anda untuk bisa memberikan bimbingan atau arahan terkait memahami dan membuat 4 jenis laporan perusahaan.

Laporan Pertama Laporan Untung / Rugi

Sebuah bentuk laporan yang memberikan satu gambaran tentang bagaimana kondisi perusahaan di lihat dari kondisi untung atau ruginya. Dimana beberapa komponen yang akan bisa menentukan untung dan rugi itu berasal dari beberapa hal seperti misalnya : Pendapatan ( penjualan yang berasal dari jual produk barang atau jasa), kemudian komponen yang bernama pengeluaran ( semua jenis biaya yang masuk dalam katagori pengeluaran).

Dan kenapa pada akhirnya laporan untung/rugi ini menjadi penting karena untuk bisa melihat performance dari bisnis startup digital tersebut. Dimana laporan inilah yang nantinya akan menjadi salah satu laporan utama ketika investor ingin masuk dalam perusahaan startup tersebut.

Laporan Kedua Neraca

Dalam laporan ini memang berbeda dengan laporan pertama, karena dari laporan inilah kita sebagai perusahaan startup akan tahu apa saja aset lancar dan tidak lancar yang kita miliki. Berdasarkan data dan informasi itulah, manajemen pada akhirnya tahu dan mengetahui prioritas hutang mana yang mesti di lunasi sesuai dengan kesepakatan waktu yang telah di buat sebelumnya.

Nah dalam laporan ini juga kita akan bisa tahu komposisi modal atau pemilik dari perusahaan startup digital tersebut. Satu hal penting yang boleh jadi acuan adalah bahwa untuk laporan neraca ini posisi aktiva dan pasiva harus sama.

Laporan Arus Kas

Dengan adanya laporan dari arus kas ini kita sebagai manajemen perusahaan startup menjadi tahu dalam satu periode akuntansi berapa besar arus kas yang terjadi. Dimana arus kas itu bisa berasal dari pemasukan ataupun pengeluaran. Tetapi itinya adalah melihat performance dari likuiditas perusahaan dalam menjalankan bisnis startup digitalnya.

Satu hal penting menyangkut laporan arus kas adalah bahwa inilah laporan yang akan bisa menentukan kita seperti apa performance harian perusahaan dalam pengelolaan arus kasnya.

Laporan Perubahan Modal

Sebenarnya laporan satu ini tidak harus di buat secara detail jika kondisinya perusahaan startup anda masih baru. Atau jika perusahaan anda belum memiliki sejumlah investor. Tetapi jika perusahaan anda sudah memiliki investor dari beberapa kondisi, ada baiknya laporan perubahan modal ini di buat, tujuannya adalah agar bisa tergambar kondisi terkini dari para pemegang saham perusahaan tersebut.

Jika anda sudah paham bagaimana cara merencanakan dan mengelola laporan keuangan dari perusahaan bisnis startup digital. Maka ada baiknya hal itu segera di buat sesuai dengan kebutuhan. Karena dengan dipersiapkan dari awal semakin memudahkan perusahaan dan manajemen dalam rangka meningkatkan perkembangan dan pengembangan perusahaan.

Sehingga dapat lebih jelas melihat seberapa besar kebutuhan modal yang di butuhkan serta dari mana sumber pendanaan tersebut akan kita dapatkan.

Source : https://frconsultantindonesia.com/id/keuangan-bisnis-startup-digital-dalam-prospektif-laporan-keuangan/

More to explorer

1 thought on “Perspektif Laporan Keuangan Startup Digital dalam Upaya Meningkatkan Nilai Bisnisnya”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *