Associe

NIB adalah Tanda untuk Bisnis Profesional

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

NIB adalah singkatan dari Nomor Induk Berusaha. Sesuai Perpres Nomor 91 tahun 2017, Pemerintah membuat kebijakan dalam perizinan usaha yaitu pembuatan NIB. NIB dibuat bertujuan sebagai Identitas Usaha, karena NIB adalah pengganti SIUP, TDP, dan identitas usaha lainnya. Sehingga dengan dimunculkannya NIB maka akan mempermudah pengusaha dalam membuat izin usaha karena hanya perlu mengurus NIB saja sebagai identitas usaha.

Table of Contents

Pengertian NIB

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, NIB adalah tanda identitas usaha, fungsinya hampir sama seperti NIK untuk warga negara Indonesia. Izin Usaha yang digantikan oleh NIB adalah Tanda Daftar Perusahaan, SIUP, API, hingga akses kepabeanan seperti ekspor dan impor. NIB dikeluarkan oleh lembaga Online Single Submission (OSS) milik Badan Koordinasi Penanaman Modal. Untuk dapat melakukan pendaftaran anda bisa mengakses melalui oss.go.id.

Berikut ini adalah daftar pelaku usaha yang dapat melakukan pendaftaran untuk mendapat NIB, yaitu:

  1. Perseroan Terbatas
  2. Perusahaan Umum
  3. Perusahaan Umum Daerah
  4. Badan Hukum Lainnya yang dimiliki oleh Negara
  5. Badan Layanan Umum
  6. Lembaga Penyiaran
  7. Badan Usaha yang didirikan oleh Yayasan
  8. Koperasi
  9. Persekutuan Komanditer (Commanditaire Vennootschap) atau biasa disebut CV
  10. Persekutuan Firma (Venootschap Onder Firma)
  11. Persekutuan Perdata

 

Manfaat NIB

NIB wajib dimiliki oleh pelaku usaha di Indonesia jika ingin usahanya bergerak maju dan legal. Ketika pengusaha sudah memiliki NIB, maka akan ada manfaat yang didapatkan. Berikut adalah beberapa manfaat dari memiliki NIB, antara lain:

Proses Perizinan Lebih Efisien

Apabila sudah memiliki NIB, maka pengurusan proses izin usaha lain bisa lebih cepat. Dokumen lain bahkan terintegrasi dengan NIB seperti NPWP Badan Usaha, dan terdaftar sebagai peserta jaminan sosial dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sehingga pemilik usaha tidak perlu mendaftarkan satu persatu lagi.

Kemudahan Mendapat Pinjaman

Manfaat lainnya adalah apabila sudah memiliki NIB maka sebuah bisnis dianggap sah oleh negara. Lembaga Keuangan juga ada beberapa yang memasukkan NIB sebagai syarat pinjaman modal. Jadi ketika sebuah bisnis memiliki NIB, maka bisnis bisa lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman karena dianggap sah dan hasilnya dapat membantu proses operasional bisnis.

Bisnis Jadi Lebih Kredibel

Ketika sebuah bisnis memiliki NIB, maka bisnis tersebut juga terlihat kredibel karena sah di mata negara. Dengan begitu akan lebih mudah mendapatkan investor karena bisnis tersebut bukan merupakan usaha ilegal. Selain investor, rekan kerja dan pelanggan pasti juga akan lebih percaya apabila bisnis kita sah.

 

Masa Berlaku NIB

 Masa berlaku NIB juga bersifat tidak mengenal batas waktu atau seumur hidup, jadi tidak seperti TDP (Tanda Daftar Perusahaan) apabila sekali membuat NIB maka anda tidak perlu untuk mendaftar ulang kembali. Namun tidak menutup kemungkinan jika di suatu saat nanti NIB akan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi apabila bisnis yang sudah berjalan melakukan usaha atau kegiatan yang tidak sesuai dengan kegiatan yang tertera di NIB.

 

Syarat Membuat NIB

Bagi anda yang ingin mendaftarkan bisnis untuk mendapatkan NIB, ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi. Namun dalam OSS terdapat perbedaan jenis usaha, yaitu Perseorangan dan Non Perseorangan. Hal ini membuat dokumen yang disiapkan berbeda. Berikut syaratnya:

NIB Perseorangan

  • Scan/Fotokopi KTP Pengusaha
  • Scan/Fotokopi NPWP Pengusaha

NIB Perusahaan

  • Akta Pendirian Badan Usaha
  • SK Kemenkumham
  • Scan/Fotokopi KTP dan NPWP Pendiri Perusahaan
  • Surat Domisili Usaha



Nah itu tadi pengertian dan manfaat memiliki NIB. Dengan adanya NIB maka diharapkan pengusaha dapat dengan mudah untuk melakukan legalitas dan proses usahanya. Apabila anda ingin membuat NIB tapi kesulitan atau tidak punya cukup waktu, Associe dapat membantu anda mengurusnya. Melalui tenaga professional, segala proses terkait legalitas usaha anda akan Associe bantu menjadi lebih mudah dan cepat.



More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *