Table of Contents
Artikel Terbaru

Follow Associe

Tanda – Tanda Perusahaan Membutuhkan Jasa Tax dan Accounting

Setiap usaha yang dijalankan pasti harus memperhatikan perencanaan pajak. Perusahaan bisa menggunakan jasa tax dan accounting untuk memudahkan dalam pelaporan dan suksesnya keuangan sebuah perusahaan. Jadi disaat terbantu dengan pelaporan tax dan accounting, perusahaan lebih efektif dalam menjalankannya roda keuangan secara menyeluruh.

Pada dasarnya perusahaan akan dibebani tax tiap bulannya. Oleh karena itu, penting untuk memahami berapa besaran pajak dan alokasi agar neraca keuangan tetap berjalan baik. Selain itu, accounting akan membantu lebih rinci dalam mengklasifikasi semua kebutuhan ekonomi sebuah perusahaan.

Memahami Tax dan Accounting

Tax dan accounting merupakan akuntansi pajak yang menetapkan adanya besaran pajak terutang bagi perusahaan. Dimana nantinya data yang ada diolah secara kuantitatif dan digunakan sebagai penyajian laporan. Untuk perhitungan per perpajakan akan dicatat dan dianalisis dengan penyesuaian transaksi ekonomi perusahaan.

Adapun perusahaan bisa menggunakan jasa tax dan accounting agar nantinya lebih efektif juga efisien dalam pelaporan. Dimana data ekonomi perusahaan yang telah dikalkulasi juga strategi yang dijalankan lebih tepat. Untuk itu akurasi pelaporan laporan keuangan perusahaan akan lebih sempurna.

Hadirnya tax dan accounting memiliki banyak peran penting terutama bagi perusahaan. Adapun cakupannya bisa lebih signifikan dan lebih detail, apa saja?

  • Menghadirkan strategi perencanaan perpajakan untuk perusahaan.

  • Melakukan analisa dan prediksi adanya potensi pajak yang nantinya ditanggung perusahaan.

  • Memberikan informasi secara menyeluruh tentang aktivitas perpajakan pada laporan keuangan baik fiskal maupun komersial.

  • Menjadi dokumentasi penting untuk arsip perpajakan yang lebih baik dan dijadikan acuan dalam pemeriksaan atau penilaian bahkan sebagai bahan evaluasi perusahaan.

Namun, yang dialami saat ini tidak semua pengusaha melakukan tax dan accounting secara detail. Kenapa? Pasalnya tax dan accounting terkesan ribet dan bahkan diabaikan. Oleh karena itu, perlu diperhatikan kapan perusahaan membutuhkan tax dan accounting?

Pentingnya Tax dan Accounting Bagi Perusahaan

Secara keseluruhan pajak merupakan bagian penting bagi perusahaan tiap bulannya. Oleh karena itu, keberadaan tax dan accounting menjadi penting agar strategi dan pelaporan perpajakan lebih tertata. Apa saja tanda bagi perusahaan ketika membutuhkan tax dan accounting?

1.Pilihan Pajak Belum Sesuai

Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan dalam urusan perpajakan sering kali mengalami kendala. Pasalnya beberapa perusahaan tidak secara menyeluruh paham tentang adanya pilihan pajak. Misalnya saja pada usaha yang didirikan maka bukan untuk memilih wajib pajak UMKM karena bisnis kecil.

Pasalnya perusahaan yang baru berdiri, bisa jadi diharuskan untuk memilih status wajib pajak normal. Bahkan lebih diuntungkan, pasalnya aturan yang berlaku sangat berbeda yaitu perhitungan 0,5% untuk UMKM yang dihitung dari nett bruto. Sedangkan wajib pajak normal sebesar 25% dari nett profitnya.

2.Belum Mampu Memaksimalkan Intensif Pajak

Perusahaan sangat membutuhkan jasa tax dan accounting untuk membantu agar bisa memaksimalkan intensif pajak. Misalnya saja saat pemerintah mengeluarkan  intensif pajak gunanya untuk pengurangan beban ekonomi pada pengusaha yang berdampak aat pandemi. Maka peran tax dan accounting ini akan menjadi jembatan juga analisa keuntungan yang didapatkan perusahaan terkait intensif pajak.

Ketika terjadi intensif pajak ini, maka setiap perusahaan yang bergerak baik bidang barang atau jasa bisa memanfaatkannya. Ketidakmampuan perusahaan memahami intensif pajak inilah yang membutuhkan bantuan dari adanya tax dan accounting secara tepat. Dengan begitu hadirnya intensif pajak bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan dan tercatat pada laporan keuangan.

3.Belum Terpantaunya Hutang Piutang

Sebuah perusahaan baik yang sudah berkembang atau sedang merintis, bisa dipastikan harus memiliki catatan hutang piutang. Memulai pencatatan, analisa dan data secara detail bisa dengan bantuan tax dan accounting. Dimana perusahaan akan dimudahkan dalam menyajikan hutang piutang dan bisa menjadi acuan evaluasi perusahaan.

Hadirnya jasa tax dan accounting akan membantu perusahaan dalam pencatatan, data dan analisa yang terbaik. Nantinya keuangan perusahaan akan terpantau secara terperinci untuk hutang piutang. Apalagi setiap bulannya perusahaan harus menjalankan pembayaran pajak, pelaporan bruto dan profit perusahaan secara lengkap.

4.Belum Ada Real Time Laporan Keuangan

Jika sebuah perusahaan masih manual dalam pelaporan keuangan atau belum secara rinci menganalisa keuangan. Maka penting untuk menggunakan tax dan accounting agar lebih mudah dalam mendata keuangan. Pada setiap transaksi perusahaan juga kewajiban pajak hingga analisa lainnya bisa dijalankan dengan mudah.

Laporan keuangan secara real time melibatkan perhitungan tax dan accounting yang sesuai. Sebagai contoh ketika perusahaan harus membayar pajak kemudian terjadi transaksi utang piutang. Maka secara keseluruhan harus lebih detail dan mengekstraksi setiap data keuangan yang masuk.

Hadirnya jasa tax dan accounting akan mempermudah setiap perusahaan dalam mengendalikan keuangan secara tepat. Selain itu pula bisa memberikan evaluasi secara langsung untuk menghitung keuntungan perusahaan. Pentingnya tax dan accounting akan berpengaruh besar dalam menjalankan roda ekonomi dan keuangan perusahaan yang lebih sehat.

Mau Mendirikan PT?

Associe bisa bantu kamu dalam mendirikan PT

Layanan Associe

Bagikan Artikel

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *