Logo Associe
Table of Contents
Artikel Terbaru

Follow Associe

10 Ide Bisnis Modal 20 Juta yang Bisa Kamu Coba di Tahun 2024

10 Ide bisnis modal 20 juta
10 Ide bisnis modal 20 juta

Apakah kamu sedang mencari ide bisnis yang bisa kamu mulai dengan modal kecil? Atau mungkin kamu ingin mencoba bisnis rumahan yang cocok untuk kondisi pandemi seperti sekarang? Jika ya, maka artikel ini adalah untuk kamu.

Dalam artikel ini, saya akan membahas 10 ide bisnis dengan modal 20 juta rupiah yang bisa kamu coba di tahun 2024. Ide-ide bisnis ini berasal dari berbagai bidang, mulai dari kuliner, fashion, hingga jasa. Kamu bisa memilih salah satu atau lebih ide bisnis yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan pasar kamu.

Berikut ini adalah 10 ide bisnis dengan modal 20 juta rupiah yang bisa kamu coba di tahun 2024:

1. Minuman Kekinian

Minuman kekinian adalah salah satu ide bisnis yang tidak pernah mati. Pasalnya, minuman kekinian selalu menarik perhatian konsumen dengan berbagai varian rasa, topping, dan tampilan yang instagramable. Beberapa contoh minuman kekinian yang populer adalah bubble tea, dalgona coffee, dan es kopi susu.

Ide bisnis minuman kekinian cocok untuk kamu yang suka berkreasi dengan minuman dan memiliki selera yang baik. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk kamu dan menarik pelanggan. Keuntungan dari bisnis minuman kekinian adalah margin yang tinggi dan permintaan yang stabil.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis minuman kekinian adalah sekitar 15-20 juta rupiah. Modal ini meliputi biaya bahan baku, peralatan, kemasan, dan branding. Kamu bisa membuka outlet di tempat yang strategis, seperti dekat kampus, sekolah, atau perkantoran. Atau kamu bisa menjalankan bisnis ini secara online dengan menggunakan sistem delivery.

2. Laundry

Laundry adalah salah satu ide bisnis yang cukup mudah dan menguntungkan. Pasalnya, banyak orang yang tidak memiliki waktu atau kemauan untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka sendiri. Apalagi di era pandemi seperti sekarang, banyak orang yang lebih memilih menggunakan jasa laundry untuk menghemat air dan listrik.

Ide bisnis laundry cocok untuk kamu yang memiliki lokasi yang strategis, seperti dekat apartemen, kos-kosan, atau perumahan. Kamu juga bisa menawarkan layanan antar-jemput untuk memudahkan pelanggan. Keuntungan dari bisnis laundry adalah biaya operasional yang rendah dan permintaan yang tinggi.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis laundry adalah sekitar 10-15 juta rupiah. Modal ini meliputi biaya mesin cuci, setrika, deterjen, pewangi, dan gantungan. Kamu bisa membuka outlet di tempat yang mudah dijangkau oleh pelanggan. Atau kamu bisa menjalankan bisnis ini secara online dengan menggunakan aplikasi atau website.

3. Bengkel Motor

Bengkel motor adalah salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya, motor adalah salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Apalagi di era pandemi seperti sekarang, banyak orang yang lebih memilih menggunakan motor daripada transportasi umum untuk menghindari kerumunan.

Ide bisnis bengkel motor cocok untuk kamu yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam bidang otomotif. Kamu juga bisa menambah layanan tambahan, seperti ganti oli, tune up, atau modifikasi. Keuntungan dari bisnis bengkel motor adalah biaya operasional yang rendah dan permintaan yang stabil.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis bengkel motor adalah sekitar 15-20 juta rupiah. Modal ini meliputi biaya peralatan, spare part, dan tenaga kerja. Kamu bisa membuka outlet di tempat yang ramai, seperti dekat pasar, terminal, atau jalan raya. Atau kamu bisa menjalankan bisnis ini secara online dengan menggunakan sistem panggilan.

4. Tempat Pencucian Mobil

Tempat pencucian mobil adalah salah satu ide bisnis yang cukup menggiurkan. Pasalnya, mobil adalah salah satu kendaraan yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Apalagi di era pandemi seperti sekarang, banyak orang yang lebih memilih menggunakan mobil daripada transportasi umum untuk menghindari kerumunan.

Ide bisnis tempat pencucian mobil cocok untuk kamu yang memiliki lokasi yang luas dan strategis, seperti dekat mall, perkantoran, atau perumahan. Kamu juga bisa menambah layanan tambahan, seperti salon mobil, poles, atau coating. Keuntungan dari bisnis tempat pencucian mobil adalah margin yang tinggi dan permintaan yang tinggi.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis tempat pencucian mobil adalah sekitar 15-20 juta rupiah. Modal ini meliputi biaya peralatan, air, listrik, dan tenaga kerja. Kamu bisa membuka outlet di tempat yang mudah dijangkau oleh pelanggan. Atau kamu bisa menjalankan bisnis ini secara online dengan menggunakan sistem antar-jemput.

5. Ayam Geprek

Ayam geprek adalah salah satu ide bisnis kuliner yang sedang booming. Pasalnya, ayam geprek adalah salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang, terutama anak muda. Ayam geprek memiliki rasa yang pedas, gurih, dan renyah, serta bisa dikombinasikan dengan berbagai topping, seperti keju, sambal, atau saus.

Ide bisnis ayam geprek cocok untuk kamu yang suka berkreasi dengan kuliner dan memiliki selera yang baik. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk kamu dan menarik pelanggan. Keuntungan dari bisnis ayam geprek adalah modal yang rendah dan permintaan yang tinggi.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ayam geprek adalah sekitar 10-15 juta rupiah. Modal ini meliputi biaya bahan baku, peralatan, kemasan, dan branding. Kamu bisa membuka outlet di tempat yang strategis, seperti dekat kampus, sekolah, atau perkantoran. Atau kamu bisa menjalankan bisnis ini secara online dengan menggunakan sistem delivery.

6. Toko Sembako

Toko sembako adalah salah satu ide bisnis yang cukup klasik tapi tetap laris. Pasalnya, toko sembako adalah salah satu tempat yang menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari, seperti beras, gula, minyak, telur, dan lain-lain. Apalagi di era pandemi seperti sekarang, banyak orang yang lebih memilih membeli sembako di toko terdekat daripada ke pasar.

Ide bisnis toko sembako cocok untuk kamu yang memiliki lokasi yang strategis, seperti dekat perumahan, kos-kosan, atau perkampungan. Kamu juga bisa menambah layanan tambahan, seperti menjual gas, air galon, atau pulsa. Keuntungan dari bisnis toko sembako adalah modal yang rendah dan permintaan yang stabil.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis toko sembako adalah sekitar 15-20 juta rupiah. Modal ini meliputi biaya barang dagangan, rak, kulkas, dan kasir. Kamu bisa membuka outlet di tempat yang mudah dijangkau oleh pelanggan. Atau kamu bisa menjalankan bisnis ini secara online dengan menggunakan aplikasi atau website.

7. Waralaba Makanan

Waralaba makanan adalah salah satu ide bisnis yang cukup menarik. Pasalnya, waralaba makanan adalah salah satu cara untuk menjalankan bisnis kuliner dengan mudah dan cepat. Kamu tidak perlu repot-repot membuat resep, branding, atau promosi, karena semua itu sudah disediakan oleh pihak franchisor.

Ide bisnis waralaba makanan cocok untuk kamu yang ingin memiliki bisnis kuliner tanpa harus mengurus banyak hal. Kamu hanya perlu mengikuti sistem dan standar yang ditetapkan oleh pihak franchisor. Keuntungan dari bisnis waralaba makanan adalah modal yang relatif rendah dan permintaan yang tinggi.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis waralaba makanan adalah sekitar 15-20 juta rupiah. Modal ini meliputi biaya franchise fee, bahan baku, peralatan, kemasan, dan branding. Kamu bisa membuka outlet di tempat yang strategis, seperti dekat kampus, sekolah, atau perkantoran. Atau kamu bisa menjalankan bisnis ini secara online dengan menggunakan sistem delivery.

8. Online Shop Fashion

Online shop fashion adalah salah satu ide bisnis yang cukup populer. Pasalnya, online shop fashion adalah salah satu cara untuk menjual produk fashion, seperti pakaian, sepatu, tas, atau aksesoris, dengan mudah dan murah. Kamu tidak perlu memiliki toko fisik, karena kamu bisa menjual produk kamu melalui media sosial, marketplace, atau website.

Ide bisnis online shop fashion cocok untuk kamu yang suka berkreasi dengan fashion dan memiliki selera yang baik. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk kamu dan menarik pelanggan. Keuntungan dari bisnis online shop fashion adalah modal yang rendah dan permintaan yang tinggi.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis online shop fashion adalah sekitar 10-15 juta rupiah. Modal ini meliputi biaya barang dagangan, kemasan, dan pengiriman. Kamu bisa memilih salah satu atau lebih cara untuk mendapatkan barang dagangan, seperti:

  • Dropship

Dropship adalah cara untuk menjual barang tanpa harus memiliki stok barang sendiri. Kamu hanya perlu mengambil gambar dan deskripsi barang dari supplier, lalu memasarkannya di media sosial, marketplace, atau website. Jika ada yang pesan, kamu tinggal menghubungi supplier dan meminta mereka mengirimkan barang ke alamat pelanggan. Keuntungan dari dropship adalah modal yang sangat rendah dan resiko yang minim. Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih supplier yang terpercaya dan berkualitas.

  • Reseller

Reseller adalah cara untuk menjual barang dengan memiliki stok barang sendiri. Kamu bisa membeli barang dari supplier dengan harga grosir, lalu menjualnya kembali dengan harga eceran. Keuntungan dari reseller adalah kamu bisa mengontrol kualitas dan ketersediaan barang. Namun, kamu harus menyiapkan modal yang cukup besar dan tempat penyimpanan yang aman.

  • Produksi Sendiri

Produksi sendiri adalah cara untuk menjual barang dengan membuat barang sendiri. Kamu bisa membuat barang sesuai dengan kreativitas dan keunikan kamu, lalu menjualnya dengan harga yang sesuai. Keuntungan dari produksi sendiri adalah kamu bisa menawarkan barang yang eksklusif dan berbeda dari yang lain. Namun, kamu harus menyiapkan modal yang cukup besar dan peralatan yang lengkap.

9. Katering

Katering adalah salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya, katering adalah salah satu jasa yang menyediakan makanan dan minuman untuk berbagai acara, seperti pesta, rapat, seminar, atau pernikahan. Apalagi di era pandemi seperti sekarang, banyak orang yang lebih memilih menggunakan jasa katering daripada memasak sendiri.

Ide bisnis katering cocok untuk kamu yang suka berkreasi dengan kuliner dan memiliki kemampuan mengatur logistik. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk kamu dan menarik pelanggan. Keuntungan dari bisnis katering adalah margin yang tinggi dan permintaan yang tinggi.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis katering adalah sekitar 15-20 juta rupiah. Modal ini meliputi biaya bahan baku, peralatan, kemasan, dan tenaga kerja. Kamu bisa membuka outlet di tempat yang strategis, seperti dekat gedung-gedung, hotel, atau rumah sakit. Atau kamu bisa menjalankan bisnis ini secara online dengan menggunakan sistem delivery.

10. Kounter Pulsa dan Pembayaran

Kounter pulsa dan pembayaran adalah salah satu ide bisnis yang cukup praktis dan menguntungkan. Pasalnya, kounter pulsa dan pembayaran adalah salah satu tempat yang menyediakan jasa isi ulang pulsa, paket data, token listrik, voucher game, atau pembayaran tagihan, seperti PDAM, BPJS, atau PBB. Apalagi di era digital seperti sekarang, banyak orang yang membutuhkan jasa ini.

Ide bisnis kounter pulsa dan pembayaran cocok untuk kamu yang memiliki lokasi yang strategis, seperti dekat perumahan, kos-kosan, atau perkampungan. Kamu juga bisa menambah layanan tambahan, seperti menjual aksesoris handphone, kartu perdana, atau power bank. Keuntungan dari bisnis kounter pulsa dan pembayaran adalah modal yang rendah dan permintaan yang stabil.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis kounter pulsa dan pembayaran adalah sekitar 10-15 juta rupiah. Modal ini meliputi biaya deposit pulsa, peralatan, dan kasir. Kamu bisa membuka outlet di tempat yang mudah dijangkau oleh pelanggan. Atau kamu bisa menjalankan bisnis ini secara online dengan menggunakan aplikasi atau website.

Kesimpulan

Itulah 10 ide bisnis dengan modal 20 juta rupiah yang bisa kamu coba di tahun 2024. Ide-ide bisnis ini berasal dari berbagai bidang, mulai dari kuliner, fashion, hingga jasa. Kamu bisa memilih salah satu atau lebih ide bisnis yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan pasar kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk kamu yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil. Jangan lupa untuk selalu melakukan riset pasar, analisis kompetitor, dan perencanaan keuangan sebelum memulai bisnis. Selamat mencoba dan sukses!

Mau Mendirikan PT?

Associe bisa bantu kamu dalam mendirikan PT

Layanan Associe

Bagikan Artikel

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *