Associe

Table of Contents
Artikel Terbaru

Follow Associe

Fungsi Jasa Konsultan HR untuk Organisasi

Fungsi Konsultan HR

Karyawan adalah salah satu pilar penunjang produksi yang dibutuhkan oleh organisasi untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut. Sebuah organisasi atau perusahaan bisa saja mempunyai alat canggih, namun apabila itu tidak dikelola dengan baik oleh manusia, hal tersebut akan menjadi sia-sia. Berangkat dari situ, maka diperlukanlah yang namanya Manajemen Sumber Daya Manusia untuk membantu perencanaan, koordinasi, dan pengelolaan untuk Sumber Daya Manusia atau yang akan kita sebut Human Resources. Namun sering kali tim internal yang sudah kita punya belum bisa mengelola dengan baik, atau bahkan tidak punya tim HR sama sekali. Adanya jasa Konsultan HR pun bakal berperan banyak untuk membantu organisasi atau perusahaan anda untuk membantu proses tersebut agar menjadi lebih efektif dan efisien.

Apabila anda sedang mempertimbangkan jasa Konsultan HR, tentunya anda akan mencari tahu apa saja yang ditawarkan oleh Konsultan HR. Associe akan membantu anda untuk membahas peran Konsultan HR.

Pengertian Konsultan HR

Konsultan HR adalah orang atau lembaga yang memberikan layanan profesional di bidang sumber daya manusia (SDM) kepada perusahaan atau organisasi. Layanan ini bertujuan untuk membantu klien dalam mengelola aspek-aspek SDM yang berkaitan dengan kinerja dan produktivitas bisnis.

Beberapa layanan yang bisa diberikan oleh Konsultan HR antara lain adalah:

  • Analisis kebutuhan SDM, yaitu proses untuk menentukan jumlah, kualifikasi, dan komposisi karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan
  • Rekrutmen dan seleksi karyawan, yaitu proses untuk mencari, menarik, dan memilih kandidat yang sesuai dengan kebutuhan dan kriteria perusahaan
  • Pengembangan kompetensi dan karir karyawan, yaitu proses untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap karyawan agar mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, serta memberikan kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensi dan minatnya
  • Penilaian kinerja dan penggajian karyawan, yaitu proses untuk mengukur dan mengevaluasi hasil kerja karyawan, serta memberikan imbalan yang adil dan sesuai dengan kontribusinya
  • Manajemen hubungan industrial dan kesejahteraan karyawan, yaitu proses untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang harmonis antara perusahaan dan karyawan, serta memberikan fasilitas dan perlindungan yang memenuhi standar dan kebutuhan karyawan
  • Perencanaan dan implementasi strategi SDM, yaitu proses untuk merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program SDM yang sesuai dengan visi, misi, dan tujuan perusahaan
  • Penyusunan kebijakan dan prosedur SDM, yaitu proses untuk membuat dan mengatur aturan dan pedoman yang mengatur segala hal yang berkaitan dengan SDM di perusahaan
  • Penyelesaian masalah dan konflik SDM, yaitu proses untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan berbagai permasalahan dan konflik yang terjadi di antara atau dengan karyawan
  • Pelatihan dan konsultasi SDM yaitu proses untuk memberikan bimbingan, saran, dan solusi kepada klien terkait dengan masalah atau kebutuhan SDM yang dihadapi

Konsultan HR bekerja dengan cara mengadakan pertemuan awal dengan klien untuk mengidentifikasi masalah, tujuan, dan harapan yang ingin dicapai. Kemudian, mereka melakukan studi kelayakan, analisis situasi, dan penelitian terkait dengan bidang SDM yang menjadi fokus. Setelah itu, mereka menyusun dan melaksanakan rencana kerja yang disepakati bersama. Terakhir, mereka melakukan evaluasi dan memberikan laporan dan rekomendasi perbaikan kepada klien.

Dengan demikian, Konsultan HR adalah mitra bisnis yang bisa membantu klien dalam mengelola SDM secara efektif dan efisien. Konsultan HR memiliki peran dan fungsi yang penting dan strategis dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas bisnis.

Fungsi Konsultan HR

Konsultan HR adalah seorang atau kumpulan praktisi profesional yang berasal dari luar bisnis atau organisasi yang diberi wewenang untuk mengidentifikasi masalah atau memenuhi kebutuhan terkait sumber daya manusia lalu memberikan rekomendasi atau solusi yang pas dengan kebutuhan pada pengurus organisasi maupun perusahaan. 

Biasanya hal-hal seperti ini akan diselesaikan oleh tim HR dari organisasi itu sendiri, namun ada hal yang akan lebih efektif dan efisien jika konsultan HR yang melakukannya. Tugas Konsultan HR adalah memberi perspektif baru kepada manajemen internal perusahaan. 

Fungsi Konsultan HR sendiri hanya akan membantu dan mengawasi pada kegiatan HR organisasi, karena pihak yang melakukan perbaikan internal tersebut tetap kembali pada organisasi masing-masing dengan proses secara terus menerus.

Keunggulan Menggunakan Jasa Konsultan HR

Apabila anda sudah memahami fungsi konsultan HR, maka berikutnya kami akan membahasa keunggulan dan manfaat dari menggunakan jasa konsultan HR sebagai berikut:

  • Rekrutmen Karyawan

Layanan ini yang biasanya paling banyak dipakai oleh perusahaan, karena merekrut karyawan  baru pastinya memerlukan waktu, biaya, dan analisis. Kebanyakan perusahaan kesulitan dalam hal ini dan hasilnya perusahaan tidak bisa mendapat karyawan berpotensi, hingga turnover yang tinggi dalam hal kepegawaian.

Adanya jasa konsultan HR ini pun membuat perusahaan dapat memperoleh tehnik dan tips atau bahkan take over untuk melakukan rekrutmen karyawan secara efisien sehingga perusahaan bisa berhasil menyaring karyawan baru yang memiliki potensi tinggi dan berkomitmen. Hasilnya kebutuhan akan karyawan dapat dicapai secara efektif dan produktifitas perusahaan bisa semakin meningkat untuk mencapai tujuan perusahaan.

  • Pengelolaan Manajemen SDM

Dalam pengelolaan manajemen SDM, tim internal HR perlu melakukannya dengan lebih komprehensif. Bila tidak dilakukan dengan demikian, tentu berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari. Akan tetapi, melalui jasa penasihat SDM, segala manajemen karyawan dapat terlaksana secara baik

Pasalnya, konsultan HRD akan memberikan masukan mengenai apa saja hal yang harus dikerjakan guna memaksimalkan kerja para pegawai. Selain itu, pihak penasihat pun bakal memberikan referensi motivasi untuk para karyawan agar lebih bersemangat dalam melakukan pekerjaan.

  • Menyediakan Solusi Pengembangan Kompetensi

Setiap perusahaan tentu menginginkan adanya perkembangan kompetensi dan kemampuan para karyawan. Hal tersebut karena setiap pertumbuhan kompetensi yang dialami oleh pekerja akan mempengaruhi tingkat produktivitas. Jadi, semakin baik kompetensi karyawan maka kian tinggi pula kinerja organisasi.

Ada banyak konsultan HR yang menyediakan layanan pelatihan karyawan. Melalui jasa ini, perusahaan Anda akan memperoleh cara-cara baru untuk menerapkan program pengembangan pegawai. Dengan demikian, tim personalia di organisasi bakal mendapat ilmu-ilmu terbaru.

Jadi, ketika masa kerja sama dengan tim konsultan, para HRD di perusahaan Anda tetap bisa melaksanakan metode-metode pelatihan terkini. Alhasil, para pegawai organisasi bisa mendapat pelatihan kompetensi kapan pun.

  • Konsultan HR Memiliki Metode Evaluasi Lebih Bervariasi

Evaluasi memiliki peran vital dalam kemajuan perusahaan. Jika evaluasi terus dilakukan dari dalam pihak organisasi, tentu akan sulit untuk menciptakan pandangan penyelesaian masalah yang lebih objektif. Oleh karena itu, sesekali perusahaan perlu mendapat umpan balik mengenai kinerja mereka dari pihak eksternal.

Nantinya, konsultan HR akan memberikan kritik dan saran yang lebih variatif demi menunjang perkembangan organisasi. Seperti diketahui, pihak konsultan tentu sudah berpengalaman dalam menyelesaikan banyak masalah yang terjadi pada klien perusahaan sebelumnya.

Tips Memilih Konsultan Training SDM

Apabila perusahaan anda sudah dalam tahap untuk mempertimbangkan memakai jasa konsultan HR, maka anda perlu selektif dalam memilih konsultan training untuk perusahaan Anda supaya tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan yang akhirnya hanya membebani biaya operasional perusahaan. Berikut hal-hal yang harus anda perhatikan supaya tidak salah ilih pilih dalam menggunakan jasa Konsultan HR:

  • Perhatikan Biaya dan Detail Layanan

Biaya konsultan menjadi salah satu hal utama yang menjadi poin pertimbangan. Namun jangan hanya karena biaya murah maka perusahaan memilih konsultan HR, karena bisa jadi harga yang murah tidak mencerminkan output yang ada atau bahkan ada biaya tambahan lain yang tidak disebutkan. Anda bisa menggunakan layanan Konsultasi gratis dulu pada konsultan HR untuk mendapatkan profil dan layanan apa yang cocok untuk perusahaan anda.

  • Keahlian dan Pengalaman Konsultan

Dalam memilih konsultan HR, sebelumnya anda perlu untuk mencari latar belakang dan pengalaman dari Konsultan tersebut, apakah memang sudah memiliki pengalaman yang luasa dalam bidang Human Resources. Semakin lama pengalaman biasanya akan membuat Konsultan paham dengan banyaknya permasalah yang ada dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Selain itu anda juga perlu mencari tahu klien mana saja yang pernah menggunakan jasa konsultan tersebut untuk meyakinkan anda. Apabila klien dari konsultan sudah banyak dan bonafit, maka konsultan tersebut sudah dipercaya oleh banyak perusahaan

  • Legal dan Terpercaya

Terakhir anda perlu memastikan bahwa Konsultan HR yang anda pilih sudah resmi bahkan memiliki legalitas usaha yang jelas. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa konsultan HR tersebut dapat dipercaya dan fokus pada kualitas layanan hingga after sales yang memuaskan.

Apakah anda berminat untuk menggunakan jasa Konsultan HR namun masih bingung untuk menggunakan jasa atau layanan apa? Associe menyediakan Konsultasi Gratis untuk anda bertanya kepada tim kami sekiranya layanan apa yang terbaik untuk anda baik dari biaya maupun jasanya karena Associe siap membantu dan fokus untuk pengembangan bisnis anda.

Butuh Bantuan untuk Keperluan HR?

Layanan HR Management dari Associe siap membantu kamu mengatasi hal itu!

Layanan Associe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *