Associe

Table of Contents
Artikel Terbaru

Follow Associe

Accounting: Pengertian, Tugas, dan Perbedaan dengan Finance

Accounting atau akuntansi adalah salah satu ilmu yang sangat penting dalam dunia bisnis. Accounting artinya adalah proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, serta mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan.

Seorang praktisi yang ahli dalam bidang accounting disebut sebagai akuntan. Akuntan memiliki tanggung jawab untuk membuat dan melaporkan keadaan keuangan sebuah organisasi, baik itu perusahaan, pemerintahan, maupun lembaga lainnya. Akuntan juga bertugas untuk mengelola pembayaran pajak, mengevaluasi keuangan operasional, melakukan analisis keuangan, dan menganalisis risiko.

Table of Contents

Apa yang Dimaksud dengan Staff Accounting?

Staff accounting adalah seorang profesional yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang accounting. Staff accounting harus memiliki latar belakang pendidikan minimal sarjana akuntansi atau setara. Staff accounting juga harus memiliki sertifikat profesional seperti CPA (Certified Public Accountant) atau CA (Chartered Accountant) untuk meningkatkan kredibilitasnya.

Staff accounting harus memiliki kemampuan untuk bekerja secara akurat, teliti, cepat, dan efisien. Staff accounting juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tertulis. Staff accounting harus mampu bekerja secara tim maupun mandiri. Staff accounting juga harus menguasai perangkat lunak accounting seperti Excel, QuickBooks, SAP, atau Oracle.

Tugas Staff Accounting

Staff accounting adalah seorang akuntan yang bekerja di bawah pengawasan seorang manajer atau supervisor accounting. Staff accounting bertugas untuk membantu manajer atau supervisor dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan accounting di perusahaan.

Beberapa tugas staff accounting antara lain adalah:

  1. Membuat jurnal umum dan buku besar

  2. Membuat laporan keuangan bulanan dan tahunan

  3. Membuat rekonsiliasi bank dan akun-akun lainnya

  4. Membuat faktur dan melakukan pembayaran kepada pemasok

  5. Menyusun anggaran dan laporan varian

  6. Menyiapkan dokumen-dokumen pajak dan melaporkannya kepada otoritas terkait

  7. Melakukan audit internal dan eksternal

  8. Menyediakan data dan informasi keuangan kepada manajemen atau pihak-pihak lain yang membutuhkan

Apa Perbedaan Bagian Finance dan Accounting?

Finance dan accounting adalah dua bidang yang saling berkaitan tetapi memiliki perbedaan. Finance artinya adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan dana atau modal dalam suatu organisasi. Finance berkaitan dengan perencanaan, penganggaran, pengawasan, pengambilan keputusan, dan evaluasi terhadap penggunaan dana atau modal tersebut.

Accounting artinya adalah ilmu yang mempelajari tentang pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan dalam suatu organisasi. Accounting berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data keuangan tersebut.

Perbedaan antara finance dan accounting dapat dilihat dari beberapa aspek berikut:

Tujuan

Finance bertujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan dengan mengoptimalkan penggunaan dana atau modal. Accounting bertujuan untuk menyediakan informasi keuangan yang akurat dan relevan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Sasaran

Finance menargetkan arus kas masuk dan keluar perusahaan. Accounting menargetkan aset, kewajiban, dan ekuitas perusahaan.

Waktu

 Finance berfokus pada masa depan dengan membuat proyeksi, estimasi, dan prediksi. Accounting berfokus pada masa lalu dengan membuat laporan, rekonsiliasi, dan audit.

Metode

Finance menggunakan metode analitis, kuantitatif, dan statistik. Accounting menggunakan metode historis, deskriptif, dan normatif.

Kesimpulan

Accounting adalah ilmu yang mempelajari tentang proses pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan dalam suatu organisasi. Accounting artinya adalah proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, serta mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan.

Staff accounting adalah seorang akuntan yang bekerja di bawah pengawasan seorang manajer atau supervisor accounting. Staff accounting bertugas untuk membantu manajer atau supervisor dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan accounting di perusahaan.

Finance dan accounting adalah dua bidang yang saling berkaitan tetapi memiliki perbedaan. Finance artinya adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan dana atau modal dalam suatu organisasi. Finance berkaitan dengan perencanaan, penganggaran, pengawasan, pengambilan keputusan, dan evaluasi terhadap penggunaan dana atau modal tersebut. Accounting artinya adalah ilmu yang mempelajari tentang pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan dalam suatu organisasi. Accounting berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data keuangan tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan bantuan profesional dalam hal accounting, Anda bisa menggunakan jasa staff accounting dari Associe. Associe adalah perusahaan yang menyediakan jasa staff accounting yang berpengalaman selama lebih dari 14 tahun. Dengan menggunakan jasa staff accounting dari Associe, Anda akan mendapatkan manfaat-manfaat seperti:

  1. Menghemat biaya operasional perusahaan
  2. Mendapatkan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu
  3. Memperoleh saran dan rekomendasi dari para ahli accounting
  4. Meminimalisir risiko kesalahan dan kecurangan dalam transaksi keuangan
  5. Mematuhi peraturan perpajakan yang berlaku

Untuk informasi lebih lanjut tentang jasa staff accounting dari Associe, silakan kunjungi associe atau hubungi nomor Whatsapp untuk konsultasi gratis. Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan Anda dengan bantuan staff accounting dari Associe.

Mau Mendirikan PT?

Associe bisa bantu kamu dalam mendirikan PT

Layanan Associe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *