Table of Contents
Artikel Terbaru

Follow Associe

Panduan Lengkap Mengurus Izin Klinik Kecantikan

Ijin Usaha Kecantikan

Dalam industri kecantikan yang sedang berkembang pesat, memulai bisnis klinik kecantikan menjanjikan dan memiliki potensi yang besar. Namun, langkah pertama yang paling penting adalah memahami pengurusan izin klinik kecantikan. Izin ini tidak hanya untuk memastikan legalitas bisnis, tetapi juga memberikan jaminan kepada pelanggan akan standar pelayanan berkualitas. Tanpa izin yang sesuai, sebuah klinik tidak dapat beroperasi secara sah. Oleh karena itu, pengurusan izin klinik menjadi langkah penting dalam membangun bisnis klinik kecantikan yang sukses.

Artikel ini telah disusun dengan tujuan untuk membantu Anda dalam proses memperoleh izin untuk klinik kecantikan. Kami akan membahas tentang persyaratan pendirian klinik, prosedur pengurusan izin, serta mengulas mengenai biaya yang terkait. Kami juga akan memberikan informasi rinci tentang dokumen yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP, fotokopi NPWP, serta surat izin klinik. Tak hanya itu, artikel ini juga akan menyajikan contoh surat pernyataan yang mungkin diperlukan dalam proses pengurusan izin. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana membuka klinik kecantikan dan memastikan bahwa perizinan klinik kecantikan Anda terjamin.

Table of Contents

Persyaratan Mendirikan Klinik Kecantikan

1. Pengajuan Surat Permohonan dan Dokumen Pendukung

Untuk memulai proses pendirian klinik kecantikan, tahap awal yang harus kita lakukan adalah dengan mengajukan surat permohonan ke Departemen Kesehatan. Surat ini perlu mencantumkan identitas usaha, alasan pendirian, jenis klinik, layanan yang akan disediakan, serta lokasi bisnis. Selain rincian tersebut, surat permohonan ini juga harus dilengkapi dengan dokumen-dokumen penting seperti fotokopi KTP, akta pendirian, dokumen persetujuan lingkungan, sertifikat tanah, dan IMB gedung. Jangan lupa untuk menyertakan fotokopi KTP pemilik usaha, mitra, dan tenaga pemasaran, serta Surat Izin Praktik dokter yang masih berlaku.

2. Spesialis Medis  yang bertanggung jawab

Setiap klinik kecantikan harus memiliki seorang spesialis medis bertanggung jawab. Informasi mengenai spesialis medis ini harus disertakan secara jelas dalam dokumen pendirian. Dokumen yang diperlukan meliputi dokumen asli pengangkatan spesialis medis bertanggung jawab, dokumen persiapan sebagai penanggung jawab, fotokopi KTP, fotokopi Surat Izin Praktik (SIP), dan fotokopi sertifikat pendidikan dan pelatihan.

3. Daftar Layanan dan Harga

Sebelum mengajukan izin, kita harus sudah menyiapkan daftar lengkap layanan dan harga yang akan ditawarkan oleh klinik. Daftar ini harus final dan tidak boleh diubah setelah izin diberikan. Informasi ini sangat penting karena akan dicantumkan dalam dokumen perizinan.

4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Setelah mendirikan klinik, kita harus mendaftarkannya di kantor Departemen Pajak agar bisa mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Kita memerlukan NPWP badan usaha yang dikeluarkan oleh kantor pajak setempat sesuai dengan lokasi klinik.

5. Daftar Inventaris Klinik

Pada tahap akhir, kita perlu membuat daftar lengkap yang mencakup semua informasi terkait klinik. Daftar ini harus memuat nama, semboyan, logo, alamat, layanan yang disediakan, informasi tentang produk yang digunakan, komposisi bahan aktif dalam produk, serta setiap fasilitas yang digunakan, terutama jika melibatkan mesin canggih atau impor. Jangan lupa juga mencantumkan informasi tentang peralatan medis dan nonmedis yang memenuhi standar mutu, keamanan, dan keselamatan.

Prosedur Pengurusan Izin

1. Pendaftaran Izin Usaha melalui OSS

Untuk memulai proses pendaftaran izin klinik kecantikan, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mendaftarkan izin usaha melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). Langkah ini memerlukan aktivasi akun pada platform OSS-RBA dan mengisi informasi tentang usaha kita, termasuk kode Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang sesuai, yaitu 86105 untuk aktivitas klinik swasta.

2. Mengajukan Izin Usaha ke DPMPTSP

Setelah pendaftaran di OSS selesai, langkah berikutnya adalah mengajukan izin usaha ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Proses ini melibatkan pengisian formulir pengajuan izin dan penyerahan berkas-berkas yang diperlukan, seperti Surat Kelengkapan Pendirian Klinik, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Akta Pendirian Berbadan Hukum.

3. Verifikasi Dokumen

Selanjutnya, berkas yang telah diserahkan akan diverifikasi oleh petugas. Jika berkas belum lengkap atau tidak memenuhi syarat, maka akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi. Berkas yang sudah lengkap dan memenuhi syarat akan diproses lebih lanjut, termasuk diberikan penomoran pendaftaran dan pencatatan penerimaan berkas.

4. Visitasi oleh Dinas Kesehatan

Dinas Kesehatan Kota akan melakukan visitasi ke lokasi klinik untuk memastikan semua persyaratan operasional terpenuhi, seperti kelayakan peralatan medis, kompetensi dokter dan perawat, serta kondisi kebersihan ruangan. Tim visitasi akan menilai dan menentukan apakah klinik memenuhi syarat atau tidak.

5. Penerbitan Izin Operasional

Jika semua persyaratan telah terpenuhi dan klinik dinyatakan layak operasional, DPMPTSP akan mengeluarkan izin operasional. Izin ini akan dicetak dan diberikan kepada pemohon setelah melalui proses penandatanganan oleh Kepala Dinas yang berwenang dan penomoran izin. Setelah itu, staf akan menggandakan dan mengarsipkan izin serta menyerahkannya kepada pemohon.

Biaya Mendirikan Klinik Kecantikan

Estimasi Biaya Keseluruhan

Ketika memutuskan untuk mendirikan klinik kecantikan, kita harus mempersiapkan modal awal yang cukup besar. Beberapa jenis pengeluaran yang perlu dipertimbangkan termasuk sewa tempat usaha sebesar Rp50.000.000 per tahun, biaya renovasi tempat Rp 20.000.000, dan pembelian peralatan klinik kecantikan sederhana sekitar Rp30.000.000. Selain itu, biaya lain-lain seperti mesin kasir, legalitas, dan lainnya mencapai Rp10.000.000, sehingga total biaya awal yang diperlukan adalah sekitar Rp110.000.000. Biaya operasional bulanan, termasuk gaji dokter dan karyawan serta pembayaran utilitas seperti listrik, internet, dan air, diperkirakan sekitar Rp20.000.000.

Biaya Pengurusan Izin

Untuk pengurusan izin operasional klinik, biaya yang diperlukan mulai dari Rp25.000.000. Proses ini lebih cepat jika dibandingkan dengan mengurus sendiri karena kami sudah mengerti alurnya. Namun, perlu diingat bahwa biaya ini tidak termasuk biaya pengurusan syarat wajib lainnya seperti SIP dokter, SIP perawat, dan lain-lain.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya

Biaya pendirian klinik kecantikan dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Lokasi menjadi salah satu faktor utama; memilih lokasi dekat jalan raya misalnya, dapat meningkatkan visibilitas dan potensi pelanggan tetapi juga mungkin memerlukan biaya sewa yang lebih tinggi. Selain itu, jenis peralatan yang digunakan juga mempengaruhi biaya; penggunaan peralatan modern dan canggih serta dukungan dokter spesialis dengan pengalaman tinggi dapat meningkatkan biaya awal beberapa kali lipat.

Contoh Surat Pernyataan

Membuat surat pernyataan merupakan bagian penting dalam proses pengurusan izin klinik kecantikan. Surat pernyataan ini menunjukkan komitmen kita dalam mengikuti peraturan yang berlaku dan kebenaran informasi yang kita berikan. Berikut adalah contoh dari dua jenis surat pernyataan yang mungkin diperlukan.

Surat Pernyataan Kesediaan Mengikuti Peraturan

Surat ini dibuat untuk menunjukkan kesediaan kita dalam mengikuti semua ketentuan yang terkait dengan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Dalam surat ini, kita perlu mencantumkan informasi dasar seperti nama, jabatan, nama klinik, kelas klinik, dan alamat klinik. Juga, penting untuk menyatakan secara eksplisit kesediaan kita untuk menjadi penyedia pelayanan kesehatan dan mematuhi ketentuan yang berlaku.

Contoh:

Surat Pernyataan Kesediaan Mengikuti Peraturan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: [Nama Lengkap]

Jabatan: [Jabatan]

Nama Klinik: [Nama Klinik]

Kelas Klinik: [Kelas Klinik]

Alamat Klinik: [Alamat Klinik]

Dengan ini menyatakan kesediaan untuk:

Mengikuti semua ketentuan yang terkait dengan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Menjadi penyedia pelayanan kesehatan dan mematuhi semua ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

[Tempat, Tanggal]

Hormat kami,

[Nama Lengkap]

[Jabatan]

[Alamat Klinik]

Surat Pernyataan Kebenaran Informasi

Surat pernyataan ini bertujuan untuk menegaskan bahwa semua dokumen dan informasi yang kita serahkan dalam proses pengurusan izin adalah asli dan dapat dipertanggungjawabkan. Kita harus menyatakan bahwa kita bersedia dituntut secara pidana dan perdata jika ditemukan dokumen palsu atau informasi yang tidak benar. Hal ini mencakup kesediaan untuk dimasukkan ke dalam daftar hitam selama 2 tahun jika terbukti melanggar. Surat ini harus mencantumkan nama lengkap dan jabatan kita sebagai penanggung jawab klinik.

Contoh:

Surat Pernyataan Kebenaran Informasi

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: [Nama Lengkap]

Jabatan: [Jabatan]

Nama Klinik: [Nama Klinik]

Alamat Klinik: [Alamat Klinik]

Dengan ini menyatakan bahwa:

  • Semua dokumen dan informasi yang diserahkan dalam proses pengurusan izin adalah asli dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Bersedia dituntut secara pidana dan perdata jika ditemukan dokumen palsu atau informasi yang tidak benar.
  • Bersedia dimasukkan ke dalam daftar hitam selama 2 tahun jika terbukti melanggar ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

[Tempat, Tanggal]

Hormat kami,

[Nama Lengkap]

[Jabatan]

[Alamat Klinik]

Dalam membuat kedua surat pernyataan tersebut, kita harus memastikan bahwa semua informasi yang kita cantumkan adalah akurat dan sesuai dengan dokumen yang kita miliki. Kita juga harus siap untuk mematuhi semua konsekuensi jika terjadi pelanggaran terhadap ketentuan yang telah disepakati. Surat pernyataan ini akan menjadi bagian dari dokumen yang diperlukan dalam proses pengurusan izin klinik kecantikan dan menunjukkan keseriusan kita dalam menjalankan bisnis ini secara profesional dan bertanggung jawab.

Kesimpulan

Memulai bisnis klinik kecantikan memang menjanjikan, tetapi membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang, terutama dalam pengurusan izin operasional yang menjadi syarat mutlak untuk operasional yang sah dan profesional. Melalui panduan ini, Anda telah mendapat gambaran lengkap mengenai langkah-langkah, dokumen yang dibutuhkan, serta perhitungan biaya yang harus dipersiapkan. Kesuksesan klinik kecantikan tidak hanya bergantung pada kualitas layanan, tapi juga kepatuhan terhadap regulasi untuk memastikan kepercayaan dan kenyamanan pelanggan.

Dalam perjalanan mengurus izin usaha Anda, Associe bisa membantu pengurusan ijin usaha untuk memastikan proses berjalan lancar tanpa hambatan berarti. Pengambilan langkah strategis dengan mendapatkan dukungan yang tepat dalam pengurusan izin akan mempercepat Anda dalam mewujudkan mimpi memiliki klinik kecantikan yang sukses dan dihormati. Dengan ini, kita bisa memastikan bahwa klinik kecantikan yang didirikan tidak hanya memenuhi harapan pasar tetapi juga berdiri tegak di atas fondasi hukum yang kuat.

Frequently Asked Questions

Untuk mengurus izin klinik kecantikan, Anda perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Pertama, daftarkan klinik Anda melalui sistem Online Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).
  2. Kemudian, ajukan berkas operasional klinik Anda ke Dinas Kesehatan setempat.
  3. Berkas perizinan Anda akan ditelaah oleh pihak berwenang.
  4. Jika persyaratan administrasi Anda tidak lengkap, berkas akan dikembalikan untuk dilengkapi.
  5. Setelah semua persyaratan administrasi lengkap, berkas Anda akan diproses lebih lanjut.

Klinik kecantikan masuk dalam kategori KBLI 86105, yang merupakan usaha dengan tingkat risiko menengah tinggi.

KBLI 86105 mencakup registrasi data usaha Anda melalui portal oss.go.id sebagai bagian dari proses perizinan.

Mau Mendirikan PT?

Associe bisa bantu kamu dalam mendirikan PT

Layanan Associe

Bagikan Artikel

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *