Associe

Table of Contents
Artikel Terbaru

Follow Associe

Apa Itu Human Capital dan Bagaimana Manfaatnya bagi Perusahaan?

Human Capital

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah human capital, bukan? Apakah kamu tahu apa itu human capital dan mengapa hal ini penting bagi perusahaan? Human capital adalah salah satu faktor kunci yang menentukan kesuksesan dan keberlangsungan perusahaan. Human capital adalah modal manusia yang dimiliki perusahaan, yang meliputi pengetahuan, keahlian, keterampilan, kesehatan, dan aspek kualitas lainnya yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari lebih lanjut tentang human capital, tugas-tugasnya, jenis-jenisnya, perbedaannya dengan human resources, dan bagaimana kamu bisa mendapatkan manfaat dari jasa konsultan HR spesialisasi human capital dari Associe.

 

Apa itu Human Capital?

Human capital adalah istilah yang merujuk pada nilai ekonomi yang dimiliki sumber daya manusia. Dengan kata lain, human capital juga bisa disebut sebagai “aset” yang dimiliki seorang pekerja atau sumber daya manusia, misalnya pengalaman, keahlian, latar belakang edukasi, kesehatan, dan aspek kualitas lain seperti integritas atau loyalitas. Human capital adalah usaha mengembangkan dan mengelola sumber daya manusia demi mencapai tingkat paling penting yang lebih tinggi jika dinilai dari sisi kinerja. Human capital biasanya lebih menekankan kepada karyawan, bahwa mereka merupakan aset yang cukup penting bagi keberlangsungan perusahaan tersebut. Sehingga, para karyawan berpeluang untuk meningkatkan potensi dirinya agar dapat meningkatkan produktivitas kinerjanya di perusahaan. Human capital memandang manusia sebagai kunci primer dalam suatu entitas. Human capital selalu berfokus pada perencanaan strategis demi memaksimalkan bakat dan keterampilan sumber daya manusia dalam melaksanakan strategi bisnis perusahaan atau organisasi.

Baca juga: 7 Cara Menganalisis Performa Kinerja Karyawan

Tugas Human Capital

Human capital memiliki tugas-tugas yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan. Beberapa tugas human capital antara lain adalah:

– Merekrut, memilih, dan menempatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi perusahaan.

– Melakukan pelatihan, pengembangan, dan penilaian kinerja karyawan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas karyawan.

– Memberikan motivasi, insentif, dan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi dan berkontribusi positif bagi perusahaan.

– Membangun dan memelihara hubungan yang harmonis antara karyawan, manajemen, dan pemangku kepentingan lainnya.

– Menyusun dan mengimplementasikan kebijakan, prosedur, dan sistem yang berkaitan dengan sumber daya manusia, seperti gaji, tunjangan, kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja.

– Menganalisis dan mengevaluasi data dan informasi yang berkaitan dengan sumber daya manusia, seperti produktivitas, absensi, turnover, dan kepuasan kerja.

Output dari tugas-tugas human capital adalah:

– Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan.

– Meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan.

– Meningkatkan loyalitas, komitmen, dan keterlibatan karyawan terhadap perusahaan.

– Meningkatkan keunggulan kompetitif dan reputasi perusahaan di pasar.

Baca juga: Training Karyawan: Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Jenis Human Capital

Human capital dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan karakteristik dan fungsinya. Berikut ini adalah beberapa jenis human capital yang umum ditemukan di perusahaan:

– General Management Human Capital

Jenis human capital ini berkaitan dengan kemampuan manajerial yang dimiliki sumber daya manusia, seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Jenis human capital ini penting untuk mengelola sumber daya lainnya di perusahaan, seperti keuangan, teknologi, dan operasional. Contoh dari general management human capital adalah CEO, direktur, manajer, dan supervisor.

– Strategic Human Capital

Jenis human capital ini berkaitan dengan kemampuan strategis yang dimiliki sumber daya manusia, seperti analisis, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan inovasi. Jenis human capital ini penting untuk menentukan arah dan tujuan perusahaan, serta menciptakan nilai tambah bagi perusahaan. Contoh dari strategic human capital adalah konsultan, analis, dan peneliti.

– Industry Human Capital

Jenis human capital ini berkaitan dengan kemampuan spesifik yang dimiliki sumber daya manusia yang sesuai dengan industri atau bidang usaha yang digeluti perusahaan, seperti pengetahuan, keahlian, dan pengalaman. Jenis human capital ini penting untuk memahami dan memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan, serta bersaing dengan pesaing di industri yang sama. Contoh dari industry human capital adalah dokter, guru, dan akuntan.

– Relationship Human Capital

Jenis human capital ini berkaitan dengan kemampuan interpersonal yang dimiliki sumber daya manusia, seperti komunikasi, kerjasama, negosiasi, dan persuasi. Jenis human capital ini penting untuk membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan, seperti karyawan, pelanggan, pemasok, mitra, dan pemerintah. Contoh dari relationship human capital adalah sales, customer service, dan public relations.

– Company Specific Human Capital

Jenis human capital ini berkaitan dengan kemampuan khusus yang dimiliki sumber daya manusia yang sesuai dengan karakteristik dan budaya perusahaan, seperti nilai, norma, etika, dan visi. Jenis human capital ini penting untuk menciptakan identitas dan citra perusahaan, serta meningkatkan loyalitas dan keterlibatan karyawan terhadap perusahaan. Contoh dari company specific human capital adalah founder, co-founder, dan brand ambassador.

Perbedaan Human Capital dengan Human Resources

Human capital dan human resources adalah dua istilah yang sering digunakan secara bergantian, namun sebenarnya memiliki perbedaan yang mendasar. Human resources adalah departemen yang mengelola manusia sebagai sumber daya perusahaan untuk mendukung target yang ingin dicapai perusahaan. Human capital adalah departemen yang mengelola manusia sebagai modal berharga milik perusahaan yang perlu ditingkatkan nilainya sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Perbedaan antara human capital dan human resources dapat dilihat dari beberapa aspek berikut:

 

– Perspektif

Human resources memandang manusia sebagai sumber daya yang dapat digunakan dan diganti sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Human capital memandang manusia sebagai modal yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan nilainya sesuai dengan potensi perusahaan.

– Tujuan

Human resources bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang dibutuhkan perusahaan, seperti rekrutmen, seleksi, dan penempatan. Human capital bertujuan untuk meningkatkan nilai sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan, seperti pelatihan, pengembangan, dan penilaian.

– Fokus

Human resources lebih fokus pada aspek kuantitatif dari sumber daya manusia, seperti jumlah, kualifikasi, dan biaya. Human capital lebih fokus pada aspek kualitatif dari sumber daya manusia, seperti pengetahuan, keahlian, dan keterampilan.

 

– Manfaat

Human resources memberikan manfaat bagi perusahaan dalam jangka pendek, seperti memenuhi kebutuhan tenaga kerja, mengurangi turnover, dan meningkatkan efisiensi. Human capital memberikan manfaat bagi perusahaan dalam jangka panjang, seperti meningkatkan produktivitas, inovasi, dan keunggulan kompetitif.

Kesimpulan

Human capital adalah modal manusia yang dimiliki perusahaan, yang meliputi pengetahuan, keahlian, keterampilan, kesehatan, dan aspek kualitas lainnya yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Human capital memiliki tugas-tugas yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan. Human capital dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan karakteristik dan fungsinya, yaitu general management human capital, strategic human capital, industry human capital, relationship human capital, dan company specific human capital. Human capital juga berbeda dengan human resources, yang lebih menekankan pada aspek sumber daya daripada aspek modal. Human capital memberikan manfaat jangka panjang bagi perusahaan, seperti meningkatkan produktivitas, inovasi, dan keunggulan kompetitif.

Jika kamu ingin meningkatkan human capital di perusahaanmu, kamu bisa memanfaatkan jasa konsultan HR spesialisasi human capital dari Associe. Associe adalah perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi sumber daya manusia yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam bidang human capital. Associe akan membantu kamu dalam melakukan analisis, perencanaan, implementasi, dan evaluasi human capital di perusahaanmu. Associe juga akan memberikan solusi dan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan perusahaanmu. Dengan bantuan Associe, kamu bisa meningkatkan modal manusia yang membawa perusahaanmu ke tingkat lebih tinggi.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang human capital. Semoga artikel ini dapat memberikan kamu informasi dan inspirasi yang berguna. Jika kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Butuh Bantuan untuk Keperluan HR?

Layanan HR Management dari Associe siap membantu kamu mengatasi hal itu!

Layanan Associe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *