Associe

Jasa Pembuatan CV Perusahaan

Jasa Pembuatan CV Perusahaan

Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook

Memiliki suatu usaha tentu menjadi keinginan tersendiri bagi sebagian orang. Namun berbeda dengan usaha yang baru dirintis, mungkin telah merencanakan berdirinya usaha, bahkan pemilihan jenis badan usaha tentu menjadi hal yang harus diperhayikan. Pengaruh legalitas dan skala usaha yang akan dibentuk. Salah satu jenis badan usaha yang dapat dipertimbangkan adalah CV dan pembentukannya dapat dikonsultasikan pada jasa pembuatan CV perusahaan. Hal ini diperlukan untuk mengetahui gambaran CV secara jelas dari pihak profesional.

Mengenal CV

Persekutuan Komanditer atau Commanditaire Vennootschap yang sering dikenal sebagai CV merupakan salah satu jenis perusahaan yang dibentuk oleh dua orang pemodal atau lebih lalu mempercayakan modal tersebut kepada dua orang atau lebih pelaksana usaha. Tujuan CV ini supaya tiap anggota memiliki keterlibatan yang berbeda.

CV sendiri biasa terdiri dari dua sekutu, sekutu komanditer dan sekutu komplementer. Sekutu komanditer memiliki keterlibatan pasif yang bertanggung jawab dalam memberi permodalan. Sedangkan sekutu komplementer memiliki keterlibatan aktif yang bertanggung jawab pada pelaksanaan usaha.

Kelebihan Perusahaan Berjenis CV

Kelebihan memilih perusahaan yang berbentuk CV antara lain:

  • Tak ada syarat minimum modal yang ditentukan oleh KEMENKUMHAM. Hal ini akan berbeda jika memiliki badan usaha yang telah diakui secara hukum
  • Proses pendirian yang lebih cepat, mudah dan efisien karena tidak membutuhkan pengesahan khusus
  • Memiliki sistem kepemilikan sesuai yang jelas sesuai perjanjian. Segala bentuk tanggung jawab hanya didasarkan pada peran sebagai sekutu aktif dan sekutu pasif.
  • Proses pengambilan keputusan, kebijakan hingga perjanjian pihak ketiga menjadi lebih mudah. Penyebabnya tentu karena birokrasi atau alur yang lebih pendek.
  • Alur dan jenis pajak yang perlu dibayar lebih mudah dibandingkan dengan usaha yang memiliki badan hukum. Contohnya pembayaran pajak hanya dikenai satu kali setahun dan pajak penghasilan yang dibayarkan oleh perorangan sesuai nilai penghasilannya. Dengan menghubungi pihak jasa pembuatan CV perusahaan akan memberikan penjelasan yang lebih mendalam terkait pajak ini.

Kekurangan Perusahaan Berjenis CV

Kekurangan yang dimiliki oleh perusahaan berjenis CV ini antara lain:

  • Hanya boleh didirikan pada 5 lingkup bidang usaha. Bidang usaha itu antara lain dibidang jasa, perdagangan, percetakan, kontraktor dan industri
  • Memiliki ketergantungan yang sangat besar pada sekutu aktif sebagai pihak yang menjadi pelaksana usaha
  • Sekutu aktif memiliki tanggung jawab yang sangat besar hingga ke aset pribadi jika terjadi hal yang tidak diinginkan
  • Modal yang telah diberikan sulit untuk ditarik kembali. Hal ini tentu berbeda dengan PT yang bagian permodalannya berupa saham yang dapat dijual dan dibeli sewaktu waktu.

Syarat Pembuatan CV Perusahaan

Sesuai dengan UU terbaru kitab dagang yakni undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja, terdapat beberapa penyesuaian baru terhadap prosedur dan syarat pendirian CV. Berikut merupakan aturan terbarunya:

  • Validasi data pendiri, penanggung jawab dan sekutu CV. Berlaku sejak dimulainya sistem intregasi data yang dilakukan secara online. Sehingga orang yang mengajukan CV akan dilihat kredibilitasnya sehingga dapat mengurangi permasalahan yang bersifat administratif dikemudian hari.
  • Pengajuan nama CV. Prosedur dan aturan mengenai nama CV ini diatur sesuai dengan Permenkumham 17/2018. Pengajuan dilakukan ke kemenkumham memalui sistem administrasi badan negara. Persyaratan pengajuan CV tetap dapat dilihat dari permenkumham yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, siapkan beberapa nama CV sebagai cadangan.
  • Penggunaan KBLI terbaru pada kegiatan atau bidang usaha yang dilakukan. KBLI merupakan kepanjangan dari Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Salah satu usaha pemerintah dalam mengelompokkan usaha sesuai jenisnya. Selain itu, terdapat sistem perizinan yang terintegrasi secara elektronik untuk mengklasifikasikan resiko usahanya.
  • Penentuan kriteria skala kegiatan usaha. Kriteria CV ini biasanya masuk dalam usaha mikro, kecil dan menengah yang telah memiliki payung hukum. Penentuan kriteria ini ditentukan oleh jumlah modal usaha yang digunakan.
  • Lokasi usaha dipastikan berada di RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) yang biasa diterbitkan oleh pemerintah daerah setempat.
  • Pendaftaran Pendirian CV melalui SABU yang diselengarakan oleh Ditjen Administrasi Hukum Umum. Dalam hal ini, pemilik usaha akan mengisi formulir pendaftaran yang dilengkapi dokumen pendirian CV seperti akta pendirian CV. Setelah diterima, menkumham akan menerbitkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT)
  • Mengurus perizinan berusaha sesuai jenis resiko. Tiap usaha yang memerlukan perizinan ini akan diklasifikasikan menurut tingkat resikonya. Usaha dengan tingkat resiko rendah, sedang atau tinggi.

Banyak sekali persyaratan yang perlu waktu lama bagi pendiri atau pemilik usaha untuk dipelajari dan diurus. Dari berbagai persyaratan tersebut, resiko untuk bolak balik pasti ada. Jika pemilik usaha merasa pengurusan ini terlalu sulit. Alangkah baiknya untuk mendatangi jasa pembuatan CV perusahaan seperti Associe. Associe akan membantu pemilik usaha untuk membantu mengurus segala proses pembuatan CV ini. Bantuan pihak profesional akan mengarahkan prosedur dan trik terbaik sehingga proses pembuatan CV ini dapat berjalan dengan lancar tanpa melanggar hukum yang berlaku.

Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *