Associe

Hal yang Mesti Diketahui Sebelum Memulai Bisnis Franchise

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Di era sekarang, banyak cara bagi anda untuk memulai usaha baru dengan modal yang kecil. Ketika kita hendak memulai bisnis, pasti ada beberapa yang kesulitan untuk mencari ide bisnis, hingga analisa bisnis mana yang dapat menghasilkan. Salah satu cara untuk mengatasi itu  adalah dengan memulai usaha franchise atau waralaba.

Apabila anda hendak memluai bisnis franchise, kami akan merangkum serba serbi mengenai franchise.

Table of Contents

Apa itu Franchise

Berdasarkan Permendag No. 71 Tahun 2019, waralaba atau franchise adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan Perjanjian Waralaba. 

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), waralaba atau bisnis franchise berarti kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai dengan kesepakatan.

Jadi bisnis waralaba atau franchise merupakan kegiatan usaha atau bisnis yang berlandaskan atas kesepakatan antara kedua belah pihak yaitu franchisor sebagai pemberi lisensi waralaba dan franchisee bertindak sebagai penerima lisensi waralaba dan ijin untuk mengoperasikan bisnis. 

 

Jenis Franchise

Franchise yang saat ini beredar di Indonesia ada berbagai macam dan dapat dibedakan berdasarkan beberapa jenis, yaitu:

Asal Franchise

Franchise bisa dibedakan dari asalnya yaitu luar negri dan dalam negri. Bisnis franchise luar negeri memiliki keuntungan sistem operasional yang sudah lebih stabil, namun franchise dari luar negri terhitung mahal untuk biaya pembelian lisensinya, sehingga banyak orang yang lebih memilih franchise dari dalam negri.

Contoh : Franchise dari luar negri ada seperti McDonalds, ACE Hardware, 7 Eleven. Lalu franchise dari dalam negri ada Kebab Baba Rafim J-Co, dan Alfamart.

Produk Franchise

Franchise juga bisa dibagi berdasarkan wujud yang dijual. Wujud yang dimaksud adalah seperti produk atau barang, jasa, hingga campuran antara produk dan jasa. 

Franchise produk adalah sistem membeli lisensi untuk dapat menyalurkan produk yang diproduksi. Contohnya seperti KFC, Chatime. Hampir sama dengan produk, franchise yang menawarkan jasa itu tidak memiliki produk yang tangible namun dapat dirasakan, seperti Lembaga Bimbingan Belajar Primagama.  Terakhir, franchise campuran merupakan bisnis yang menjual jasa dan produk di dalam penjualannya, seperti Salon Rudy yang menjual jasa kecantikan dan produk perawatan.

Tips Memilih Bisnis Franchise untuk Pemula

Ketika anda hendak mendirikan bisnis franchise atau membeli lisensi waralaba, anda perlu memerhatikan hal-hal tertentu untuk menjadikan pertimbangan sebelumnya. Hal ini dikarenakan setiap bisnis tetap memiliki ada resikonya sehingga anda harus berhati-hati agar tidak terjadi kegagalan kedepannya. Hal yang harus diperhatikan dalam memilih bisnis franchise meliputi:

Model Bisnis 

Model bisnis bisa menjadi pertimbangan awal anda, karena berbisnis franchise adalah membeli lisensi sehingga secara tidak langsung anda mengadopsi model bisnisnya. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu ke franchisee yang sudah ada untuk mencari tahu kelebihan dan kelemahan dari bisnis franchise yang hendak anda beli.

Tingkat persaingan

Jika Anda hendak membeli lisensi bisnis franchise dari merek populer, anda juga mesti menghitung tingkat persaingan antar outlet waralaba tersebut, karena merek franchise yang sudah besar juga memiliki banyak franchisee. Selain itu anda juga bisa mempertimbangkan produk atau jasa yang hendak dijual apakah sudah relevan apa belum, karena apabila produk anda sudah relevan maka peluang keberhasilan bisa menjadi lebih besar meski ada banyak pesaing di ilini bisnis yang sama. 

Memilih Bisnis dengan Pangsa Pasar Besar

Ketika membuka usaha, kita juga harus setidaknya memiliki pengetahuan tentang bisnis yang akan dibuka dan potensi pasarnya. Pada umumnya, bisnis yang menyediakan kebutuhan pokok masyarakat yang bersifat mendesak akan memiliki pangsa pasar besar. Seperti contoh swalayan atau minimarket, warung makan. Begitu juga bisnis lain seperti toko pakaian meskipun saingannya juga bisa dibilang banyak.

 

Keuntungan Bisnis Franchise

Sama seperti bisnis pada umumnya, bisnis franchise juga menawarkan keuntungan bagi pihak yang menjalankanya mulai dari pemilik, atau pembeli hak bisnis franchise sendiri. Keuntungan dari memiliki bisnis franchise adalah:

Perkembangan Bisnis

Bisnis franchise satt ini merupakan alternatif bisnis yang cukup aman dan mudah untuk dilakukan. Ketika anda memilih bisnis waralaba sebagai usaha awal, Anda tidak perlu memusingkan hal-hal seperti strategi bisnis.Hal ini sangat memungkinkan karena dari segi perencanaan, sistem operasi hingga strategi bisnis waralaba telah ditentuk oleh franchisor terlebih dahulu sehingga anda hanya perlu menjalan sistem operasional dan prosedur yang sudah ditentukan. Selain itu anda tidak perlu repot dalam menyiapkan produk sendiri karena pihak franchisor akan membantu anda untuk memenuhi kebutuhan bahan untuk operasional bisnis. 

Minim Branding


Apabila anda menjalankan bisnis franchise, keuntungan yang paling bisa dilihat adalah anda tidak perlu untuk membangun citra lagi, karena bisnis franchise sudah memiliki branding yang kuat dan sudah dipercaya oleh konsumen sehingga anda hanya cukup menjalankan bisnis franchise dengan minimum promosi. Dengan minimnya promosi dari anda, maka anda bisa fokus menjalankan bisnis di hal lain dan bisa lebih maju dalam mendapatkan konsumen karena sudah mendapat branding yang kuat.

Sarana Belajar Bisnis

Anda dapat menjadikan bisnis waralaba sebagai tempat pembelajaran bisnis untuk menambah pengetahuan serta keahlian yang dibutuhkan sebagai seorang pengusaha di kemudian hari. Dengan menjalankan bisnis waralaba sebagai usaha awal, anda bisa mempelajari berbagai aspek bisnis seperti promosi, marketing, pembentukan sistem operasi, pengelolaan uang, dan masih banyak lainnya. Ilmu-ilmu yang telah Anda dapatkan selama menjalankan bisnis waralaba nantinya bisa Anda adopsi dan modifikasi demi kebutuhan pengembangan bisnis lanjutan yang Anda buat sendiri di kemudian hari. 

Sistem Bisnis Terjamin

Keuntungan selanjutnya adalah pembeli lisensi berhak mendapatkan sistem bisnis waralaba yang sudah teruji dalam paket pembelian. Sistemyang biasanya termasuk adalah mutu manajemen, pengelolaan keuangan, sumber daya manusia, standard operational procedures (SOP), strategi pemasaran, kualitas produk, dan aspek hukum.

Nah itu tadi artikel seputar bisnis franchise yang ada di Indonesia saat ini. Apabila anda sedang ini menimbang membuat usaha, anda juga perlu melegalkan usaha anda. Associe dapat membantu anda dalam membuat legalitas usaha seperti Pendirian PT, Pendirian CV, dan berbagai macam dokumen lainnya. 

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *