Associe

8 Aplikasi Keuangan Gratis untuk UMKM

8 Aplikasi Keuangan Gratis untuk UMKM

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Sebagai pemilik usaha, pasti anda juga membutuhkan pembukuan. Pembukuan sangat penting untuk pelaku bisnis UMKM agar dapat melihat keuntungan, memisahkan uang pribadi dengan bisnis, dan sebagainya. Akibat dari tidak teraturnya pengelolaan keuangan bisnis, banyak UMKM yang tidak bertahan lebih dari 5 tahun. 

Hal paling mudah dilakukan adalah mencatat pembukuan secara manual di buku, namun terdapat resiko kehilangan data akibat buku hilang atau rusak. Ada juga yang saat ini mencatat pembukuannya melalui aplikasi olah data seperti Microsoft Excel, namun pelaku bisnis belum tentu bisa melihat laporan penjualan, arus kas, dan neraca sehingga tidak bisa melihat secara besar dari sisi keuangan mereka.

Saat ini anda bisa menggunakan software atau aplikasi keuangan yang sudah banyak beredar, mulai dari yang berbayar hingga gratis. Aplikasi pembukuan keuangan ini sangat membantu anda sebagai pelaku bisnis UMKM agar dapat mengelola keuangan secara baik dengan cara yang mudah, hanya perlu input data saja. Berikut akan kami berikan rekomendasi terkait aplikasi pembukuan keuangan gratis yang berguna untuk UMKM.

Table of Contents

  1. Buku Warung

    Tampilan Buku Warung
    sumber: Buku Warung

    Buku Warung merupakan aplikasi yang berasal dari Indonesia. Dipercaya 7 juta lebih pelanggan dan tersebar di 750 lokasi, membuat Buku Warung berkembang semakin cepat. Sama seperti namanya, aplikasi ini mudah digunakan seperti buku catatan warung. Fitur dari aplikasi ini termasuk pembukuan, penagihan dan bayar, hingga juga melayani bagi anda untuk bisnis pulsa, token, dll.

    Tersedia di: website, aplikasi Play Store, iOS.

  2. Buku Kas

    Keunggulan Buku Kas
    sumber: Buku Kas

    Masih aplikasi dari Indonesia, Buku Kas juga merupakan alat pembukuan yang juga digunakan oleh banyak UMKM hingga 5 juta pelanggan. Fitur dari Buku Kas adalah pembukuan, mengirim invoice dan menagih piutang via WA, hingga fitur pengelolaan stok.

    Tersedia di: Android Play Store, iOS App Store.

  3. Teman Bisnis

    Keunggulan Teman Bisnis app
    sumber: Teman Bisnis app

    Salah satu start-up Indonesia yang mendapat banyak penghargaan, Teman Bisnis bisa menjadi pilihan bagi para pemilik bisnis UMKM untuk mempercayakan Fitur dari Teman Bisnis ini meliputi pembukuan, pengelolaan persediaan, dan integrasi kontak bisnis.

    Tersedia di: Android Play Store.

  4. Paper.id

    Dashboard Paper.id
    sumber: Paper.id

    Meski menggunakan nama dalam bahasa inggris, Paper juga merupakan aplikasi dari Indonesia. Menyorot keunggulan bahwa bisa menerima pembayaran lewat kartu kredit, VA dan QRIS, Paper bisa menjadi pilihan anda sebagai alat aplikasi pembukuan keuangan untuk bisnis anda.

    Tersedia di: web, Android Play Store.

  5. Kledo

    Fitur Kledo
    sumber: Kledo

    Kledo merupakan aplikasi software akuntansi berbasi web cloud. Fitur yang diberikan Kledo seperti pencatatan pengeluaran perusahaan, pemasukan perusahan dan juga membuat laporan keuangan.

    Tersedia di: web, Android Play Store dan iOS App Store.

  6. Wave

    Fitur Wave Financial App
    sumber; Wave App

    Wave Financial kali ini merupakan software web berbasis cloud yang berasal dari Kanada. Fitur gratis dari Wave adalah Invoicing, accounting, reminder untuk piutang jatuh tempo, dan perbankan. Wave juga menyediakan fitur berbayar untuk fitur seperti payroll dan advisor.

    Tersedia di: website.

  7. Money Lover

    Tampilan Money Lover
    sumber: Money Lover

    Aplikasi ini sudah banyak sekali digunakan baik untuk mencatat keuangan personal maupun bisnis karean mudah sekali penggunaannya.Icon tiap akun juga bisa diganti meskipun terbatas. 

    Tersedia di: web, Android Play Store, iOS App Store.

  8. Expense Manager

    Logo Expense Manager
    sumber: Google Play Store

    Alternatif aplikasi yang sama dengan Money Lover, aplikasi ini juga populer di kalangan orang untuk mengelola pencatatan keuangan personal mereka. Fitur pencatatan penerimaan dan pengeluaran, serta penganggaran bakal membantu anda pengusaha UMKM agar dapat menganalisis keuangan usaha anda.

    Tersedia di: web, Android Play Store.

    Nah, itu tadi rekomendasi aplikasi pembukuan keuangan untuk anda pemilik bisnis UMKM. Adanya aplikasi ini sangat membantu anda untuk efisiensi kerja dan ketepatan data pada pembukuan anda. Apabila anda sudah memakai salah satu aplikasi di atas dan hendak melaporkan Laporan Keuangan untuk Perpajakan, Associe bisa membantu anda untuk pelaporan sampai tuntas dan bisa konsultasi gratis. 

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *